Mengenal Kelebihan Dan Kekurangan E-Wallet

Seiring perkembangan zaman yang sudah semakin canggih ini masyarakat lebih dimudahkan dalam melakukan transaksi dan pembayaran secara digital. Jadi segala aktivitas seperti belanja, pekerjaan, dan pembayaran tagihan dilakukan dengan menggunakan dompet digital atau e-wallet. Bagi yang baru tahu pasti penasaran apa saja kelebihan dan kekurangan e-wallet.

Di era digital seperti saat ini semua orang dipaksa untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi, salah satunya kemunculan e-wallet. Bagi yang belum tahu e-wallet digunakan sebagai alat pembayaran yang sudah terintegrasi.

Dompet digital ini sendiri adalah sebuah sistem yang dibuat dan dikembangkan untuk memudahkan kamu di setiap transaksi. Terlepas dari kelebihan dan kekurangan e-wallet, keberadaannya memberi dampak positif untuk kehidupan modern.

Lantas apa arti sebenarnya e-wallet, beserta kelebihan dan kekurangan e-wallet? Silahkan simak pembahasan ini sampai selesai.

Pengertian E-Wallet

Secara umum, e-wallet merupakan aplikasi, perangkat elektronik, atau layanan jasa yang bisa kamu gunakan untuk transaksi secara online. Kamu bisa melakukan berbagai transaksi berupa barang dan jasa.

Keberadaan e-wallet ini digunakan untuk menyimpan data digunakan sebagai instrumen pembayaran. Dompet digital menjadi alternatif sistem pembayaran yang lebih mudah untuk melakukan berbagai transaksi secara online. Selain itu kamu juga bisa transaksi secara offline menggunakan kode QR.

Dompet digital memiliki banyak fungsi, tidak hanya sebagai alat pembayaran saja tapi juga alat verifikasi segala aktivitas jual beli. Salah satu contohnya verifikasi usia untuk mencari produk yang memenuhi kriteria usia seseorang dan lainnya.

Kelebihan Menggunakan E-Wallet Untuk Transaksi

Setelah mengetahui pengertian tentang e-wallet, pasti kamu penasaran apa kelebihan dan kekurangan e-wallet. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa kelebihan menggunakan e-wallet untuk melakukan transaksi.

1. Proses transaksi lebih cepat

Saat ini banyak orang mulai tertarik menggunakan e-wallet karena proses transaksi lebih cepat dibandingkan menggunakan uang koin dan kertas. Satu hal yang perlu kamu lakukan adalah pemindahan barcode untuk melakukan transaksi. Jadi kamu sudah tidak perlu lagi mengeluarkan uang fisik untuk transaksi.

Tentunya pihak penjual juga sudah menggunakan layanan e-wallet agar proses transaksi lebih cepat. Selain itu kamu akan melakukan pengeluaran sesuai harga yang sudah ditentukan, tanpa dirugikan tidak ada uang kembalian. Mengingat nominal yang ditransaksikan sudah sesuai kebutuhan.

2. Terhindari dari edaran uang palsu

Di era modern ini persebaran uang palsu cukup besar sehingga sangat merugikan bagi masyarakat yang tidak mengetahuinya. Adanya e-wallet ini sangat baik untuk mencegah dan mengurangi beredarnya uang palsu. Menariknya teknologi yang ada pada uang digital ini memiliki keamanan yang bagus sehingga susah ditembus.

Saat ini banyak kasus peredaran uang palsu, sehingga uang tersebut tidak bisa lagi digunakan untuk transaksi yang sah. Adanya e-wallet bisa menjadi alternatif untuk melakukan berbagai transaksi secara aman dan cepat.

3. Transaksi lebih aman

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa penggunaan e-wallet dirasa lebih aman untuk berbagai transaksi. Mengingat setiap orang yang ingin menggunakan dompet digital harus melalui verifikasi menggunakan identitas yang benar.

Setelah melakukan verifikasi, kamu akan mengaktifkan fitur keamanan dengan sidik jari, PIN, dan pemindaian wajah. Ketika ponsel kamu hilang, kamu tidak perlu khawatir akan e-wallet karena kamu bisa blokir melalui ponsel lain.

4. Bisa digunakan setiap saat

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan e-wallet, ada banyak pengguna yang tertarik untuk menggunakan dompet digital. Daya tarik memiliki dompet digital adalah kamu bisa melakukan berbagai transaksi kapan saja dan dimana saja.

Kamu bisa menggunakan e-wallet untuk membayar berbagai jenis tagihan dengan mudah. Kamu bisa menggunakan e-wallet untuk pembelian berbagai produk, hingga investasi.

5. Tersedia banyak promo

Kelebihan menggunakan dompet digital adalah menawarkan banyak promo menarik. Saat ini dompet digital sudah melakukan kerjasama dengan berbagai merchant sehingga menawarkan banyak promo dan diskon menarik.

Tanpa meragukan kelebihan dan kekurangan e-wallet, segala promo yang ditawarkan berhasil menarik perhatian pelanggan. Memang setiap produk digital pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Namun segala kelebihannya memberi banyak manfaat untuk masyarakat, tidak heran kalau kini banyak yang beralih menggunakan dompet digital.

6. Ada  riwayat transaksi

Kelebihan menggunakan dompet digital adalah memiliki riwayat transaksi. Jadi dengan adanya fitur tersebut akan memudahkan kamu untuk memantau pemasukan atau pengeluaran. Fitur ini akan memberikan informasi semua transaksi secara detail dan jelas.

Kekurangan Menggunakan E-Wallet Untuk Transaksi

Setiap produk digital, pastinya juga memiliki kekurangan. Jadi sebagai pengguna dompet digital, kamu perlu tahu apa saja kekurangan menggunakan e-wallet. Berikut ini akan dijelaskan beberapa kekurangan menggunakan e-wallet.

  1. Merchant masih terbatas

Ada kelebihan dan kekurangan e-wallet, salah satu kekurangannya adalah merchant atau pihak yang menggunakan transaksi digital masih terbatas.  Semua itu tidak lepas dari minimnya infrastruktur internet. Namun kini seiring perkembangan zaman sudah semakin banyak merchant yang mulai menggunakan e-wallet.

  1. Membuat seseorang lebih konsumtif

Ada banyak kemudahan yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan dompet digital. Nah, segala kemudahan ini akan memudahkan kamu untuk melakukan berbagai transaksi, terutama aktivitas berbelanja.

Apabila kamu tidak bisa menahan diri dan mengatur keuangan, tentu kamu akan lebih sering berbelanja. Hal inilah yang membuat kamu lebih boros dari sebelum menggunakan e-wallet.

  1. Biaya transaksi

Perlu kamu ketahui bahwa di balik banyaknya kelebihan dan kekurangan e-wallet, kamu akan dibebankan biaya administrasi. Beban ini harus kamu tanggung setiap melakukan transaksi. Setiap e-wallet memiliki ketentuan yang berbeda terkait jumlah biaya administrasinya.

  1. Saldo e-wallet tidak bisa dicairkan

Ada beberapa jenis e-wallet yang tidak menyediakan fitur pencairan saldo dompet digital. Hal ini bertujuan agar uang yang ada di dompet digital hanya untuk transaksi belanja saja. Jadi silahkan untuk mengisi saldo dompet pulsa sesuai kebutuhan saja.

Mengenal Jenis-Jenis E-Wallet yang Populer di Indonesia

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan e-wallet, kamu perlu tahu jenis-jenis e-wallet yang populer di Indonesia. Selengkapnya bisa simak ulasan berikut :

  1. Gopay

Gopay merupakan e-wallet yang ada di aplikasi Gojek untuk memudahkan dalam proses pembayaran. Menjadi salah satu e-wallet yang paling populer karena 30% transaksi di Indonesia berasal dari Gopay.

  1. OVO

Pada awal kemunculannya memang menunjukkan penurunan. Sejak tahun 2019, OVO terus berkembang hingga banyak orang yang menggunakannya. Menariknya selain pembayaran online, kamu bisa menggunakannya untuk pembayaran offline.

  1. LinkAja

LinkAja berhasil menjadi penyedia e-wallet dengan pengguna terbanyak di Indonesia. Dompet digital ini merupakan e-wallet hasil merger BUMN.

  1. Jenius

Tidak mau kalah, Bank BTPN ikut mengeluarkan Jenius sebagai e-wallet. Kamu bisa mengatur dompet digital hanya mengandalkan smartphone. Jenius sudah dilengkapi dengan fitur yang lengkap dan pastinya dilengkapi sistem keamanan yang canggih.

Itulah penjelasan mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan e-wallet. Terlepas dari itu semua e-wallet menjadi solusi terbaik untuk memudahkan setiap orang dalam melakukan berbagai transaksi. Untuk memiliki dompet digital kamu perlu melakukan verifikasi data dengan benar dan melakukan isi saldo.

Leave a Comment