Mengenal Apa Itu E-wallet Dan Jenis-Jenisnya

Mengenal Apa Itu E-wallet Dan Jenis-Jenisnya

Modernisasi menuntut kita untuk berbaur dengan teknologi dan ikut serta dalam alur perkembangannya. Salah satunya dalam hal teknologi keuangan, yang mana kita membutuhkan transaksi ini setiap hari untuk berbagai kebutuhan.  E-Wallet menjadi salah satu teknologi keuangan yang cukup populer dalam dunia modern. Kamu perlu mengetahui apa itu e-wallet untuk menggunakannya dengan tepat.

Dengan menggunakan e-wallet, transaksi keuangan yang kamu lakukan berjalan dengan lebih mudah. Utamanya karena saat ini berbagai kebutuhan bisa diakses via online. Populernya era cashless membuat e-wallet menjadi solusi tepat untuk digunakan.

Apa Itu E-wallet

Apa itu e-wallet merupakan layanan elektronik yang fungsinya untuk menyimpan data-data terkait pembayaran. Dalam praktiknya e-wallet bisa diakses menggunakan kartu dan aplikasi. Dengan e-wallet, kamu bisa menyimpan uang sekaligus menggunakannya untuk bertransaksi.

Aplikasi e-wallet memungkinkan kamu untuk mengakses berbagai transaksi dalam genggaman. Berbagai pilihan yang disediakan kebanyakan juga memiliki kisaran harga yang lebih rendah dibanding menggunakan uang tunai. Selain itu juga lebih praktis karena kamu bisa melakukan berbagai transaksi menggunakan satu aplikasi.

Terlebih pemerintah juga telah memberikan ketetapan, yang mana uang elektronik dinyatakan legal. Dengan ini, kamu perlu melakukan adaptasi dengan cepat jika tidak ingin tertinggal arus teknologi yang semakin maju. Menggunakan e-wallet juga memiliki banyak keuntungan dari berbagai sisi.

Perbedaan E-Money Dengan E-Wallet

Untuk memahami apa itu e-wallet lebih baik, kamu perlu mengetahui perbedaannya dengan e-money. Keduanya sama-sama bentuk pelayanan keuangan digital, namun memiliki beberapa perbedaan dalam proses dan juga teknisnya. Keduanya juga memiliki fungsi spesifik masing-masing.

Kamu bisa saja memiliki dua diantara e-wallet dan e-money. Memiliki keduanya juga akan membuat transaksi keuangan digital-mu lebih mudah karena terhubung dalam banyak server. Untuk lebih jelasnya, berikut perbedaan e-money dan e-wallet :

1. Perbedaan dari jenis penyimpanannya

Perbedaan pertama dari e-money dan e-wallet adalah jenis penyimpanannya. Kamu perlu memahami perbedaan ini untuk mengetahui apa itu e-wallet. Perbedaan ini juga menjadi ciri khas dari kedua jenis uang elektronik ini.

Secara garis besar, ada dua jenis penyimpanan uang elektronik, yaitu server based dan chip based. Server based yaitu uang elektronik yang disimpan datanya dalam bentuk server. Kemudian untuk proses dan teknik penggunaannya, dilakukan menggunakan bantuan aplikasi. Contohnya adalah Ovo, Dana, dan Gopay.

Sedangkan chip based menggunakan chip tertanam untuk menyimpan datanya. Maksud dari tertanam adalah basis datanya dipasang pada chip yang terpasang pada sebuah kartu. Untuk mengaksesnya, kamu bisa menggunakan kartu yang memiliki chip ini. Contohnya adalah Brizzi BRI dan flazz BCA.

2. Perbedaan dari jangkauan penggunaan

Perbedaan apa itu e-wallet dan e-money selanjutnya adalah pada jangkauan penggunaan. Secara penggunaan, e-money memang lebih luas daripada e-wallet. Beberapa kebutuhan mengharuskan kamu untuk memiliki e-wallet. Dalam hal ini kamu bisa mengirim uang dari e-money ke e-wallet.

E-money digunakan dalam berbagai transaksi sehari-hari. Mulai dari tiket, pembayaran tol, tiket wisata, hingga pusat perbelanjaan. Penerapannya bisa menggunakan kartu atau transfer menggunakan aplikasi.

Sedangkan e-wallet lebih spesifik digunakan pembayaran pada transaksi yang bersifat online. Contohnya pembelian pulsa, token, dan tagihan BPJS. Namun jika tempat perbelanjaan offline menyediakan pembayaran e-wallet, kamu tetap bisa menggunakan dana dari dompet digital.

3. Perbedaaan dari segi fitur keamanan

Selanjutnya apa itu e-wallet dan e-money juga memiliki perbedaan dari segi fitur keamanan. Singkatnya, e-wallet memiliki keamanan yang lebih baik dibanding dengan e-money. Karena dalam e-wallet disertai dengan pin dan juga aktivasi menggunakan nomor ponsel.

Namun seiring dengan perkembangannya, kamu tidak perlu mengkhawatirkan seberapa serius keamanan dalam e-money. Kamu tetap bisa menggunakannya dengan baik untuk bertransaksi. Dalam penggunaan e-wallet, kamu juga harus berhati-hati dengan nomor telepon yang terdaftar di sistem.

Jenis-Jenis E-wallet di Indonesia

Banyak sekali jenis e-wallet yang bisa kamu gunakan. Penggunaanya bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan digital yang sering kamu akses. Misal kamu adalah pelanggan setia Shopee, maka e-wallet yang sebaiknya kamu pakai adalah Shopeepay.

Pahami apa itu e-wallet dengan baik sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Karena e-wallet biasanya juga berada dalam aplikasi yang umum digunakan sehari-hari. Misalnya seperti gopay yang berada dalam aplikasi Gojek. Untuk lebih jelasnya, berikut jenis-jenis e-wallet yang ada di Indonesia :

1. Gopay

Gopay merupakan salah satu jenis e-wallet yang paling banyak digunakan di Indonesia. Hal ini seiring dengan populernya aplikasi Gojek yang banyak digunakan oleh masyarakat. Membayar transaksi gojek dengan gopay juga bisa membuatmu mendapatkan harga yang lebih murah. Selain itu juga banyak promo yang disediakan khusus pengguna gopay.

Berdasarkan data, bahkan sekitar 30% transaksi e-money juga berhubungan dengan gopay. Platform kepenulisan kompasiana juga melakukan pembayaran penulisnya menggunakan gopay. Tentu fakta ini bisa menjadi pertimbangan, utamanya jika kamu sering memakai layanan gojek.

2. Dana

Selanjutnya kamu juga bisa menggunakan Dana sebagai e-wallet. Meski terbilang baru, Dana cepat menjadi e-wallet yang populer dan banyak digunakan oleh masyarakat. Kehadiran Dana sendiri merupakan bentuk kerjasama dari Emtek group dengan Ant financial.

Top up saldo dana juga bisa kamu lakukan lewat berbagai kartu kredit. Berbagai pembayaran bisa kamu lakukan dengan mudah menggunakan Dana. Dompet digital yang satu ini memang menjadi salah satu jenis e-wallet yang bisa kamu andalkan.

3. Ovo

Dalam apa itu e-wallet, kamu juga bisa menggunakan Ovo. Tidak kalah populer dengan Gojek dan Dana, Ovo bahkan menjadi peringkat kedua paling banyak digunakan pada tahun 2019. Berbagai transaksi online bisa kamu lakukan dengan mudah menggunakan Ovo.

Transaksi offline juga bisa kamu lakukan dengan Ovo. Dengan catatan, store yang kamu kunjungi sudah terhubung dengan layanan Ovo. Penggunaannya terbilang luas karena saat ini sudah banyak mitra yang bekerja sama dengan Ovo.

4. iSaku

Buat kamu yang suka belanja di Indomaret, penggunaan iSaku adalah e-wallet yang disarankan. Hal ini karena iSaku secara otomatis sudah terhubung dengan indomaret poinku. Dengan e-wallet ini, belanja di Indomaret menjadi lebih mudah dan praktis. Kamu tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu kehabisan uang tunai saat bepergian.

5. Shopeepay

Terakhir kamu bisa menggunakan Shopeepay jika menjadi pelanggan setia Shopee. Berbagai pembayaran dalam Shopee bisa kamu lakukan dengan praktis. Selain itu kamu juga bisa mendapatkan harga-harga promo yang lebih hemat saat menggunakan Shopeepay.

Penutup

Demikian pengertian dari apa itu e-wallet yang perlu kamu pahami sebelum menggunakan. Selain jenis e-wallet yang telah disebutkan diatas, juga masih banyak jenis lainnya. Contohnya seperti LinkAja dan Jenius.

Menggunakan e-wallet membuat transaksi keuangan digital-mu menjadi lebih mudah. Disamping itu juga lebih hemat karena kebanyakan tidak dikenakan biaya admin. semoga ulasan ini membantu ya..

Leave a Comment