Kenali Lebih Jauh Tentang Apa itu Challenger Bank

Kita sedang bergerak menuju era digital yang mana ditandai berbagai layanan digital, seperti GoJek atau pemesanan tiket acara secara online. Perubahan ini merambah ke dunia perbankan. Tahukah kamu apa itu challenger bank?

Mengenal Apa itu Challenger Bank

Apa itu Challenger bank? Challenger bank atau bank digital datang sebagai penantang baru di dunia perbankan untuk mendapatkan nasabah dari bank-bank tradisional. Challenger bank melakukan kegiatan usahanya melalui saluran elektronik tanpa kantor fisik pusat atau menggunakan kantor fisik terbatas.

Challenger Bank mulai naik daun ketika krisis keuangan yang terjadi pada tahun 2008. Kepercayaan masyarakat terhadap bank-bank besar mulai goyah, hal ini didukung dengan regulasi yang membuat bank konvensional terlalu banyak dalam menangani berbagai masalah keuangan.

Namun, seiring perkembangan dan pertumbuhan Gen Z yang notabene segala hal menuju ke arah digital. Mulai dari dunia belanja, komunikasi, dan berbagai jasa. Pada akhirnya Bank juga ikut terjun ke dalam dunia digital untuk bisa mengikuti perkembangan zaman.

Syarat Menjadi Challenger Bank

Mendirikan Challenger Bank tidak harus membentuk pondasi dari awal. Sebuah perusahaan bank konvensional yang telah berdiri lama dan masuk ke dalam Bank Berbadan hukum Indonesia, bank yang memiliki gedung fisik bisa melakukan transformasi ke Challenger Bank.

Sebuah bank konvesional bisa dikatakan sebagai Challenger Bank apabila memenuhi syarat-syarat di bawah ini:
1. Memiliki layanan perbankan dan bisnis model yang berlandaskan teknologi aman dan inovatif
2. Mampu menjalankan model bisnis dengan basis digital yang bijak dan kontinu
3. Mampu membentuk manajemen resiko untuk menghadapi masalah-masalah yang kemungkinan datang di masa depan
4. Sanggup memenuhi standar peraturan yang ditetapkan OJK
5. Bersedia ikut andil dalam memajukan ekosistem keuangan digital dan pemenuhan hak masyarakat Indonesia dalam mengakses perbankan (literasi keuangan).

Manfaat Challenger Bank

Manfaat apa itu Challenger Bank terutama bagi Gen Z adalah lebih hemat waktu dan biaya. Nasabah tidak perlu datang mengantre ke kantor cabang. Secara umum manfaat-manfaat tersebut bisa dilihat di bawah ini:

1. Kamu Bisa Melakukan Transaksi Kapan Saja, Dimana Saja

Dengan Challenger Bank , kamu bisa melakukan layanan keuangan secara online, oleh karena itu kamu tidak perlu menyempatkan waktu untuk pergi ke kantor cabang dari suatu bank.

Kamu akan menjadi lebih hemat waktu karena tidak ada menunggu antrian di teller atau customer service. Semua layanan bisa dilakukan melalui aplikasi ponsel yang terkoneksi dengan internet.

2. Biaya Admin Lebih Sedikit Bahkan Gratis

Model bisnis bank seperti ini menawarkan nasabah kemampuan untuk melakukan layanan perbankan secara daring dan mandiri. Hal ini berujung kepada biaya operasional dari Challenger Bank.

Maka dari itu dengan biaya operasional yang berkurang drastis, pada umumnya bank memiliki biaya admin yang lebih murah, tak jarang ada beberapa yang menawarkan bebas biaya admin perbulan dan gratis transfer ke antar bank.

3. Bunga yang Cenderung Lebih Besar Daripada Bank Konvensional

Bunga yang ditawarkan oleh Challenger Bank biasanya cenderung lebih tinggi daripada bank konvensional. Bunga yang ditawarkan adalah produk tabungan atau produk deposito.

Bank – bank seperti ini mampu menawarkan bunga di atas 4% yang mana bank konvensional umumnya berada di bawah 3%.

4. Layanan full day 24 Jam

Karena diakses melalui internet, kamu tidak akan terikat jam kerja bank dalam mengakses layanan keuangan. Kamu hanya memerlukan ponsel dan internet untuk memenuhi kebutuhan perbankan.

5. Promo yang bertebaran

Karena model bisnis challenger bank masih tergolong baru, maka untuk menarik nasabah mereka sering memberikan hadiah dan promo untuk setiap transaksi yang dilakukan.

Promo-promo yang bisa kamu dapatkan antara lain diskon, cashback, hingga poin yang bisa dikumpulkan dan ditukarkan dengan voucher-voucher toko yang bekerja sama.

Kelebihan yang selalu ditawarkan oleh Challenger Bank adalah fitur-fitur literasi keuangan. Fitur – fitur seperti manajemen gaji dan pemberitahuan instan. Bank akan secara aktif memberitahu dan melalui teknologi AI yang dikembangkan.

Bank bisa memperkirakan apakah nasabah akan kehabisan uang sebelum hari gajian berikutnya atau untuk mengingatkan nasabah karena terlalu banyak menghabiskan uang untuk kesenangan pribadi misalnya anggaran berlibur yang berlebihan.

Beberapa dari Challenger Bank juga memiliki fitur menabung untuk sesuatu. Misalnya kamu ingin membeli barang impian kamu, bank akan mentransfer sebagian uang gajimu ke dalam tabungan yang akhirnya ketika terkumpul bisa kamu gunakan untuk membeli barang impianmu tadi.

Fitur yang menjadi andalan bank ini adalah bisa membekukan rekening secara instan ketika ponsel kamu dicuri. Misalnya ketika ponselmu hilang, kamu masih bisa tetap merubah PIN kartu yang mana keamanan dari tabungan masih tetap terjamin.

Apakah Kehadiran Bank Konvensional akan Tergusur?

Berdasarkan riset, Gen Z akan menjadi demografi terbesar yang memegang 32% populasi penduduk secara global. Populasi Gen Z mulai menggusur generasi milenial yang saat ini tertahan pada angkat 32%.

Akibatnya, bank konvensional harus memberikan inovasi untuk memastikan mereka tetap relevan dalam ekosistem digital yang semakin meningkat.

Salah satu masalah yang harus dibenahi adalah keamanan. Bank konvensional harus memperketat keamanan data nasabah, namun dalam merubah hal tersebut bank konvensional harus memberlakukan kombinasi layanan daring dan luring yang mana membutuhkan biaya besar. Jika hal tersebut diabaikan maka jarak persaingan antara Challenger Bank dan bank konvensional akan semakin jauh.

Apa yang menjadi kelebihan dari bank konvensional adalah penggunaan jangka panjang dan reputasi yang dibangun dengan kepercayaan masyarakat umum. Masyarakat yang memilih menggunakan bank konvensional masih berada dalam angka yang stabil.

Jika kita menilik akun-akun bank digital, hanya seperempat dari mereka yang digunakan sebagai akun utama seseorang. Hal ini terjadi karena Gen Z kurang menyukai untuk menyimpan uang secara fisik.

Apa itu Challenger Bank dan Perbedaannya dengan Layanan Digital Banking

Kemunculan berbagai macam Challenger Bank yang bisa mengundang pertanyaan “Apa itu Challenger Bank?” Tahun-tahun terakhir tentunya tak sedikit yang masih bertanya-tanya terkait perbedaan dengan layanan digital banking.

Walaupun sama-sama menggunakan kata digital, sama-sama menggunakan internet sebagai pondasi layanan, Challenger Bank adalah suatu produk dari instansi bank konvensional yang menawarkan layanan perbankan dalam bentuk aplikasi ponsel pintar.
Sedangkan digital banking adalah layanan perbankan yang bisa dilakukan oleh nasabah melalui internet. Untuk memudahkan kamu dalam memahami hal ini mari kita menggunakan contoh saja.

Bank BCA adalah salah satu bank konvensional yang telah memiliki reputasi di Indonesia selama bertahun-tahun lamanya, produk bank digital besutan Bank BCA adalah Blu by BCA.

Untuk menangani masalah nasabah dari Bank BCA, bank BCA juga memiliki layanan perbankan digital seperti mobile banking dan internet banking melalui aplikasi Aplikasi BCA mobile.

Nah, itu tadi segala penjelasan mengenai apa itu Challenger Bank. Ternyata Challenger Bank belum berusia lama ini bisa bersaing dengan bank konvensional yang telah membangun bisnis ini puluhan tahun sebelum datangnya internet. Demikian artikel ini telah rampung menjelaskan mengenai Challenger Bank. Semoga membantu.

Leave a Comment