Apa Itu Wise, Kenali Segala Keunggulan Dan Fitur-Fiturnya

Apakah Anda pernah merasa kesulitan saat akan melakukan transfer uang ke luar negeri? Selain itu, Anda juga merasa keberatan karena akan ada biaya tambahan yang tinggi. Sekarang tidak usah khawatir lagi, karena sudah ada platform baru yang bisa memfasilitasi transfer Anda dengan biaya yang lebih rendah. Platform online yang perlu Anda ketahui adalah Wise. Apa itu Wise? Yuk! Simak penjelasan selanjutnya.

Apa Itu Wise

Pada awalnya, Wise ini dinamakan transferWise. Platform ini merupakan layanan transfer uang yang dilakukan secara online sangat praktis. Jika Anda akan transfer uang keluar negeri menggunakan Wise ini Anda bisa lebih hemat uang dibandingkan melalui bank konvensional pada umumnya.

Wise merupakan platform pembayaran dari perusahaan fintech (financial technology) asal Inggris yang bisa melayani transfer uang ke luar negeri lebih dari 50 mata uang asing di dunia.

Wise juga melayani tukar valuta asing dengan nilai kurs terbaik. Hal ini menjadi solusi terbaik yang dapat mempermudah Anda ketika akan mentransfer uang ke luar negeri.

Berikut adalah tabel gambaran umum tentang apa itu Wise :

Deskripsi Keterangan
Buka rekening Rp 0
Minimum deposit Rp 0
Transfer uang ke mata uang yang sama Gratis
Transfer ke mata uang asing 0,2 – 1% tergantung mata uang
Terima uang dalam EUR, USD, GBP, atau AUD Gratis
Pilihan Mata Uang Asing Lebih dari 50 mata uang asing

 

Platform pembayaran praktis ini juga sudah menyediakan rekening bank untuk para nasabahnya. Dengan begitu, para nasabah pun dapat melakukan transaksi pembayaran atau transfer dari 43 negara berbeda, dapat mengirim uang ke 80 negara yang ada di dunia, mendapatkan kartu debit multi currency, dan juga dapat menikmati produk keuangan modern lainnya yang sudah difasilitasi oleh Wise.

Keunggulan Platform Wise

Ada beberapa keunggulan menarik yang akan diperoleh oleh para pengguna Wise.

1. Nilai Tukar Stabil

Diantaranya, Wise ini menawarkan nilai tukar mata uang yang sangat baik. Ia akan memberikan jaminan nilai tukar mata uang yang tidak berubah dalam kurun waktu 96 jam. Artinya pengguna tidak perlu khawatir dengan adanya perubahan nilai tukar uang saat sudah melakukan transaksi ke rekening bank tujuan.

2. Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Dengan menggunakan platform Wise, pengguna tidak akan dibebani dengan biaya tersembunyi pada saat melakukan transaksi ke luar negeri. Hal ini tentunya akan membantu banyak orang untuk tidak merasa terbebani dengan biaya tersembunyi pada saat dilakukannya transaksi transfer uang keluar negeri.

3. Transparansi Biaya

Wise juga memberikan akses kepada setiap pengguna untuk mengetahui berapa biaya yang akan dibayarkan sebelum transaksi, akan mendapatkan nilai tukar terbaik dan uang pun sudah bisa langsung terkirim ke rekening tujuan.

Layanan Utama Wise

Saat ini, Wise sudah memiliki 17 kantor, memiliki lebih dari 2.400 karyawan dan sudah digunakan lebih dari 10 juta pengguna aktif di 59 negara, salah satunya adalah Indonesia.

Adapun pelayanan yang disediakan, Wise mempunyai tiga layanan utama yang akan diberikan, antara lain:

  1. Transfer uang ke luar negeri negeri dan tukar mata uang asing dengan nilai kurs terbaik.
  2. Buka akun gratis dan tabung lebih dari 55 mata uang asing berbeda.
  3. Mendapatkan kartu debit WISE MasterCard yang dapat dipakai di seluruh dunia.

Setiap warga negara Indonesia dapat menggunakan dan membuat akun Wise secara gratis. Lebih jelasnya, Wise.com dapat melayani segala transaksi uang yang dibutuhkan oleh Anda. Diantaranya menabung, menukar, membayar, menerima, dan mentransfer banyak mata uang berbeda dengan biaya paling murah dan juga lebih praktis.

Cara Daftar Akun Wise

Setelah Anda mengetahui gambaran dari platform apa itu Wise, Anda juga pastinya memerlukan informasi selanjutnya mengenai bagaimana cara mendaftar akun Wise itu sendiri.

Inilah cara daftar akun Wise yang bisa Anda lakukan :

  • Klik tombol “Daftar Sekarang”.
  • Kemudian anda akan disuruh untuk mengisi data diri yang benar.
  • Setelah melengkapi data diri, wajib juga mengisi alamat email dan kata sandi yang diinginkan.
  • Ada dua opsi,  “kirim uang (send money)” atau “tambah uang (add money)”.
  • Jika memilih “send money”, maka masukkan jumlah dan mata uang yang ingin Anda transfer.
  • Masukkan data diri dan data yang akan menerima transfer. Dalam hal ini, hanya memakan waktu satu hari kerja. Dalam aturannya paling lama akan di proses 3x 24 jam.
  • Anda juga dapat mentransfer uang ke akun valas menggunakan kartu kredit atau kartu debit.
  • Pilih “add money”. Memasukkan mata uang yang diinginkan, bisa seperti Dolar AS, Euro, Pound Sterling. Ataupun bisa memasukan langsung dengan kodenya (misal IDR300000), jadi otomatis ditukar ke Rupiah.
  • Jika memiliki kartu kredit atau rekening tabungan, Anda dapat menghubungkan kartu kredit dengan akun Wise untuk mengisi rekening Wise Anda.
  • Dengan Wise anda juga bisa mengirimkan uang melalui rekening kartu debit dengan logo Visa dan Mastercard. Akan tetapi tidak semua debit bisa mengirimkan ke Wise. Jadi sebelum mengirimkannya bisa dicek dahulu.

 

Itulah cara mendaftar akun Wise melalui website yang sudah tersedia. Pada prinsipnya, jika Anda akan mentransfer uang kurang dari EUR15.000, Anda tidak perlu melakukan verifikasi identitas diri pun transaksi Anda sudah bisa dilakukan. Tapi, jika Anda memutuskan untuk mentransfer dalam jumlah banyak, maka perlu dilakukan verifikasi identitas diri secara benar.

Kartu identitas yang dibutuhkan adalah paspor, KTP atau SIM. Data-data tersebut akan diminta dalam bentuk digital dan akan di foto melalui webcam.

Fitur-Fitur Wise

Wise ini merupakan salah satu fitur akun tanpa batas bagi para Freelancer dan entrepreneur. Jadi, siapa pun Anda yang membutuhkan transaksi uang ke luar negeri bisa gunakan pilihan untuk membuka rekening tabungan gratis dengan Wise.

Jika Anda berprofesi sebagai entreuprenur, Anda juga dapat membuat akun bisnis yang dapat membantu Anda untuk mengatur transaksi pengeluaran pribadi dengan pengeluaran bisnis.

Selain itu, fitur Wise ini bisa Anda akses melalui website atau aplikasi yang sudah tersedia di iOS/Android. Anda bisa login dengan menggunakan kode verifikasi melalui sms sebagai bentuk keamanan akun Anda.

Sejauh ini, selain penjelasan menarik di atas, Wise juga tetap memiliki kekurangan seperti halnya platform aplikasi keuangan lainnya. Beberapa kekurangan yang dimiliki oleh Wise diantaranya :

  1. Kartu debit MasterCard belum tersedia untuk nasabah yang berasal dari Indonesia..
  2. Nasabah harus melakukan verifikasi identitas diri jika ingin melakukan transfer uang ke luar negeri sebesar 15.000 Euro.

Setelah Anda mengetahui apa itu Wise seperti yang sudah dijelaskan di atas. Pastinya keberadaan platform ini membantu anda untuk lebih mudah dalam pengiriman uang ke luar negeri. Dengan beberapa keunggulan yang lebih baik dibandingkan dengan bank konvensional.

 

Leave a Comment