Apa itu Revolut? Yuk Ketahui Lebih Lanjut Mengenai Revolut!

Revolut merupakan salah satu revolusi di antara banyaknya sistem perbankan. Aplikasi ini akan membantumu yang sedang dalam kesusahan saat melakukan transfer ke luar maupun dalam negeri. Layanan transfer yang diberikan oleh Revolut pun dilakukan dengan cepat, mudah dan murah. Apa itu Revolut? Untuk membahasnya lebih lanjut, kita bahas lebih detail di bawah ini.

Apa itu Revolut?

Perlu kamu ketahui lebih jelas agar tidak bingung mengenai apa itu Revolut. Revolut merupakan startup perbankan digital yang berbasis di London. Startup ini tercatat sebagai salah satu perusahaan teknologi swasta yang memiliki nilai valuasi sebesar Rp48,1 triliun.

Padahal Revolut baru didirikan 6 tahun yang lalu, namun perusahaan tersebut sudah memiliki nilai empat kali lipat dibandingkan nilai tahun lalu. Bahkan, nilai valuasinya pun mengalahkan bank High Street Natwest.

Sebagai perbankan digital, Revolut menawarkan layanan pertukaran mata uang, mata uang crypto dan rekening giro untuk pelanggan dari 35 negara. Sayangnya, untuk perizinan crypto masih dalam proses lisensi perbankan Inggris.

Perlu Anda ketahui, Revolut bisa mengumpulkan hingga USD 800 juta dari SoftBank Jepang dan Tiger Global Management yang berada di New York. Saat ini, kedua grup investasi tersebut memegang 5% saham di perusahaan rintisan Revolut.

Kelebihan dan Kekurangan Kartu Virtual Revolut

Setelah mengetahui apa itu Revolut, kamu pasti sudah tahu bahwa Revolut sangat berbeda dengan platform keuangan lainnya. Di mana Revolut sendiri merupakan solusi universal yang memudahkanmu untuk melakukan penyimpanan, transfer, investasi dan membelanjakan uang. Saat menggunakan situs ini, kamu bisa melakukan pembelian di luar negeri dan melakukan transfer tanpa komisi besar.

Revolut juga mengeluarkan kartu virtual yang bisa kamu gunakan. Di mana, kartu virtual tersebut memiliki sejumlah keunggulan yang akan memudahkan pengguna saat menggunakannya di seluruh dunia. Apa saja keunggulan dari kartu virtual Revolut? Berikut pembahasannya:

  • Mendukung 130 mata uang moneter
  • Melakukan operasi pertukaran dengan format yang nyaman
  • Memiliki kemampuan untuk menghasilkan transaksi mata uang di sebagian besar negara
  • Menggunakan nilai tukar riil
  • Pengguna bisa membeli Cryptocurrency terbesar seperti Litecoin, ethium dan bitcoin
  • Memiliki alat untuk akumulasi dan pelestarian dana
  • Dapat mengontrol biaya melalui fungsionalitas situs
  • Memiliki koneksi pembayaran yang sudah terjadwal serta koneksi penangguhan dan yang ditangguhkan

Jika ingin menggunakan kartu virtual tersebut, kamu harus mendaftar di platform Revolut. Namun, sebelum mulai mendaftar, kamu harus mengetahui terlebih dahulu kerugian yang diberikan oleh kartu virtual Revolut. Berikut beberapa penjelasannya:

  • Revolut bukan bank berlisensi penuh, sehingga jumlah kospensasi yang diberikan dalam kasus force majeure akan berkurang
  • Nilai tukar akan berflaktuasi saat akhir pekan
  • Jumlah penarikan tunai tanpa komisi sangat terbatas
  • Tidak memiliki cabang secara spesifik, maka dari itu untuk operasi besar tidak mungkin melakukan pertemuan pribadi dengan perwakilan bank di kantor

Mata Uang dalam Revolut

Hingga saat ini Revolut menjadi salah satu sistem keuangan digital terdepan dalam inovasi keuangan secara global.

Kabarnya, Revolut akan membantu konsumen untuk mengelola keuangan digital secara lebih baik dengan menyediakan layanan perbankan yang fleksibel, personal dan andal. Maka dari itu, banyak hal yang menarik tentang apa itu Revolut.

Salah satu usaha yang dilakukan oleh Revolut ialah layanan penukaran mata uang dengan biaya rendah. Sebagai salah satu opsi yang diberikan oleh Revolut pada nasabahnya ialah berbelanja di seluruh dunia menggunakan lebih dari 150 mata uang. Tidak hanya itu saja, Revolut akan membantumu untuk menyimpan dan melakukan penukaran mata uang.

Ada 120 jenis mata uang dan cryptocurrency yang disediakan oleh Revolut, seperti bitcoin, Dolar Kanada, Dolar AS, Euro, Peso Meksiko, Poundsterling dan lain sebagainya. Kamu bisa melakukan penukaran mata uang secara langsung via aplikasi menggunakan kurs penukaran antar bank.

Selain itu, Revolut juga menyediakan pembayaran P2P dengan sekali tap. Sehingga kamu bisa mengirim dan menerima uang secara instan dan bebas dari biaya. Kamu juga bisa membagi tagihan saat makan di restoran atau bar dengan seluruh nasabah Revolut di seluruh negara.

Layanan Menarik Revolut

Setelah mengetahui tentang apa itu Revolut serta beberapa penjelasan lainnya mengenai aplikasi keuangan digital tersebut. Pada bagian ini akan dijelaskan mengenai beberapa layanan yang diberikan oleh Revolut. Berikut penjelasannya:

Giro

Layanan pertama yang menjadi ciri khas dari Revolut ialah a unik giro di Inggris dan Eropa. A unik giro pertama akan datang dengan nomor akun Inggris unik dan kode urut. Sedangkan a unik giro kedua datang dengan nomor IBAN unik dan kode BIC/SWIFT.

Dengan demikian, kamu memiliki kapasitas untuk menerima dan mengirim uang baik di dalam negeri maupun luar negeri. Kemudahan mengirim uang secara Internasional merupakan manfaat tertentu, sebab secara tradisional hal ini memerlukan kunjungan di kantor.

Kartu Debit

Saat kamu pertama kali membuat akun Revolut akan diberikan secara otomatis kartu debit. Jika kamu merupakan orang Inggris, kartu debit biasanya akan dikeluarkan oleh Visa. Sementara jika kamu pemegang akun Eropa akan ditawarkan MasterCard.

Harus kamu ketahui bahwa kartu debit Revolut banyak manfaatnya layaknya kartu yang dikeluarkan oleh bank. Salah satunya, kamu bisa mengakses kartu debit di mesin ATM mana pun yang menerima Visa atau MasterCard. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kartu online untuk membeli barang dan jasa.

Cryptocurrency

Revolut juga menawarkan cara untuk membeli dan menyimpan cryptocurrency seperti, Bitcoin, Litecoin, Ethereum, Bitcoin Cash dan Riak kepada para nasabahnya. Biaya yang digunakan untuk layanan ini sangat masuk akal dan transparan sehingga kamu bisa melihat nilai tukar dalam aplikasi sebelum melakukan pembelian.

Hal lain yang bisa kamu lakukan dengan aplikasi Revolut ialah mengikuti laju cryptocurrency secara real-time melalui konvertor aplikasi. Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga menyediakan pelacak portofolio sehingga kamu dapat melihat kinerja cryptos dari waktu ke waktu.

Mata Uang dan Valuta Asing

Selain semua hal yang sudah disebutkan di atas, Revolut juga merupakan pilihan yang tepat untukmu yang berurusan dengan banyak mata uang. Bahkan, aplikasi ini mendukung 120 mata uang berbeda. Hal ini sangat menguntungkan bagi kamu yang ingin mengirim dan menerima dana dalam mata uang berbeda.

Biaya pertukaran mata uang asing yang digunakan Revolut terbagi dalam tiga bagian yaitu, jam pasar, luar jam pasar dan pengguna frekuensi tinggi. Pada akhirnya, walaupun biaya untuk tiga bagian tersebut bervariasi, kamu bisa membayar jauh lebih sedikit menggunakan Revolut.

Setelah mengetahui apa itu Revolut dan beberapa hal penting lainnya, kamu bisa mulai memikirkan apakah aplikasi tersebut worth it untuk digunakan. Kamu juga harus memikirkan biaya yang diberikan untuk berbagai macam layanan. Sebab, setiap layanan memiliki biaya yang berbeda.

Leave a Comment