Cara Tepat Mengatur Sistem Keuangan untuk Hidup yang Lebih Baik

Keuangan merupakan sisi utama dalam kehidupan dalam berumah tangga, yang terkadang menjadi penyebab utama keretakan, serta ketidak harmonisan dalam sebuah rumah tangga. Oleh karenanya mengatur sistem keuangan menjadi hal utama yang harus diperhatikan, agar nantinya tidak menjadi permasalahan yang dapat menimbulkan pertikaian dalam sebuah rumah tangga. Selain itu dengan mengatur sistem keuangan dalam rumah tangga, maka secara langsung kita dapat mengetahui tingkat kebutuhan bulanan dalam rumah tangga yang kita jalankan, dan dapat menyesuaikan dengan besaran pendapatan perbulan yang Anda dan pasangan miliki. Pentingnya mengatur sistem keuangan dalam rumah tangga inilah yang mewajibkan kita untuk dapat membuat perencanaan sistem keuangan secara rutin setiap periodenya.

Untuk dapat membuat sistem keuangan dengan baik dan benar, maka hal utama yang harus Anda perhatikan adalah besaran pendapatan tetap Anda dan pasangan. Namun akan lebih disarankan bagi Anda untuk menetapkan pendapatan dari suami sebagai pendapatan pokok tiap bulannya, dan jika memang istri juga bekerja, maka pendapatan istri dapat dijadikan sebagai dana cadangan yang tidak dimasukkan dalam kalkulasi penutup kebutuhan. Dengan mengetahui pendapatan tetap tiap bulan inilah, maka plot pendapatan tersebut, secara otomatis dapat digunakan untuk menutup kebutuhan utama dalam rumah tangga, sebagai kebutuhan pokok dan wajib yang harus dipenuhi setiap bulannya.

Berikut ini beberapa jenis kebutuhan rumah tangga tetap dan pokok, yang harus ditutupi dengan pendapatan tetap setiap bulannya, yang antara lain adalah:

  • Kebutuhan pangan dan dapur, plot kebutuhan inilah yang memang menjadi kebutuhan utama dalam sebuah rumah tangga.
  • Kebutuhan pembayaran tagihan bulanan, seperti pembayaran tagihan listrik, air, telepon dan pembayaran tagihan atau cicilan rumah dan cicilan lainnya, menjadi kebutuhan kedua yang harus Anda masukkan dalam daftar kebutuhan pokok.
  • Biaya pendidikan dan edukasi anak, merupakan kebutuhan pokok yang tiap bulannya memang harus dipenuhi oleh para orang tua.

Setelah menetapkan kebutuhan pokok, untuk ditutupi dengan pendapatan tetap perbulannya, maka Anda dapat menetapkan kebutuhan lainnya seperti kebutuhan pembelian fashion ataupun budget untuk melakukan wisata ataupun dana berkumpul diluar dengan keluarga. Jika memang masih terdapat sisa, maka selipkanlah plot keuangan yang dapat Anda gunakan untuk membelikan berbagai kebutuhan anak, seperti pakaian, mainan ataupun buku bacaan.

Jika semua plot telah dapat tertutupi dengan sempurna, maka tempatkanlah sisa dana yang Anda miliki untuk melakukan investasi, baik dalam bentuk tabungan ataupun investasi lainnya, yang memungkinkan Anda untuk dapat memperoleh penghasilan tambahan dari nilai investasi tersebut. Aturlah sistem keuangan yang Anda miliki dengan sebaik mungkin, agar nantinya Anda dapat memiliki alur keuangan yang tertata dengan rapi, sehingga perselisihan dengan pasangan pun dapat Anda hindari dan kebahagiaan akan dengan mudah menjadi miliki keluarga Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *