Cara Cerdas Mengatur Keuangan Pribadi Agar Tidak Boros

Memiliki penghasilan sendiri bukan berarti bisa mengeluarkan uang dengan sekehendak hati. Pengaturan dalam mengeluarkan uang sangat diperlukan karena akan menentukan masa depan. Bila keuangan pribadi tidak diatur dengan baik, maka ke depannya akan lebih sulit karena pengeluaran pasti akan semakin meningkat. Apalagi bila memiliki impian jangka panjang yang membutuhkan biaya yang besar, maka pengaturan keuangan yang baik harus dilakukan sejak saat ini.

Berikut adalah cara yang dapat diterapkan agar keuangan pribadi Anda dapat lebih teratur dan terkendali:

  1. Catat setiap pengeluaran uang. Agar mengetahui seberapa banyak pengeluaran yang Anda keluarkan, maka catat semua pengeluaran uang yang dilakukan pada periode tertentu, misalnya dalam satu bulan. Selanjutnya hitung jumlah pengeluaran tersebut.
  2. Bandingkan dengan pendapatan yang diperoleh. Bila telah menghitungnya, bandingkan total pengeluaran dengan pendapatan yang Anda peroleh dalam satu bulan. Bila total pengeluaran Anda sesuai dengan penghasilan Anda, berarti Anda tidak memiliki sisa uang sama sekali. Dengan demikian Anda harus memilih pengeluaran mana yang sifatnya sebagai kebutuhan. Untuk pengeluaran selanjutnya Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk sesuatu yang tidak Anda butuhkan. Bila sulit dilakukan lakukan pengurangan pembelian pada barang yang kurang dibutuhkan sedikit demi sedikit. Selanjutnya biasakan hal tersebut sehingga pengeluaran Anda lebih dapat ditekan.
  3. Selalu cek tagihan. Agar mengetahui besaran pengeluaran kebutuhan sehari-hari cek semua tagihan yang berkaitan dengan kebutuhan Anda terutama bagi Anda yang menggunakan kartu kredit. Tagihan kartu kredit harus di cek lebih rutin terutama bila banyak melakukan transaksi dengan kartu tersebut.
  4. Biasakan menabung. Berapapun jumlah penghasilan Anda, menabung harus dibiasakan secara rutin meski dalam jumlah yang sedikit. Menabung dalam jumlah sedikit yang rutin akan lebih baik daripada menabung dalam jumlah banyak tetapi tidak teratur. Menabung dengan rajin lambat laun akan menjadi kebiasaan dan Anda dapat memiliki uang simpanan ketika sewaktu-waktu Anda membutuhkan dengan cepat.
  5. Hindari pengeluaran yang tidak perlu. Banyak hal yang sering tidak disadari oleh kebanyakan orang ketika harus mengeluarkan biaya di luar anggaran. Misalnya denda karena terlambat membayar tagihan atau hal lainnya. Maka lakukan aktivitas dengan teratur dan tidak usahakan untuk tidak melakukan pelanggaran apapun terutama pelanggaran yang mengakibatkan pembayaran denda.

Lakukan beberapa kebiasaan tersebut sehingga Anda tidak boros dalam pengeluaran. Dengan demikian Anda akan lebih dapat mengatur keuangan Anda dengan baik. Kebutuhan Anda dapat terpenuhi dan Anda masih bisa menabung untuk kebutuhan di masa depan. Anda tidak perlu mencari usaha atau kerja sampingan bila membutuhkan uang secara tiba-tiba karena Anda memiliki tabungan. Jadi lakukan kebiasaan-kebiasaan positif tersebut mulai saat ini juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *