Tips Mengatur Keuangan untuk Anak Kost Agar Tidak Terlalu Boros

Menjadi seorang anak kost yang jauh dari orang tua tentu saja haruslah pandai-pandai dalam mengatur keuangan. Terlebih lagi untuk anak jaman sekarang ini sering kali terbiasa hidup dengan keborosan yang mana hal ini sering kali menjadi kendala bagi para anak kost yang sangat sulit mengatur keuangan. Sedangkan menjadi anak kos pun juga bisa menjadi masa dimana Anda bisa mulai belajar untuk hidup mandiri termasuk dalam mengatur keuangan.

Anak kost akan berusaha untuk mempertahankan hidupnya ditengah-tengah himpitan pada kondisi keuangan yang mungkin tidak akan mudah ketika mendapat bujuk rayu dari teman-temannya yang mengajaknya main, nongkrong, liburan atau hal-hal lain yang menjadikan keuangan menjadi boros. Bagi Anda yang menjadi anak kost dan saat ini sudah bekerja, akan tetapi bertahun-tahun bekerja namun belum bisa mengumpulkan uang, mulai dari sekarang hilangkan kebiasaan buruk Anda dalam menghambur-hamburkan uang Anda, karena sudah saatnya jika Anda harus menabung dari hasil kerja keras Anda.

Tidak afdol rasanya jika bertahun-tahun bekerja namun tidak memiliki uang tabungan. Bisa jadi hal ini kerja keras yang selama ini Anda lakukan tidak mampu menghasilkan jaminan dihari tua Anda. Sebab itulah bagi Anda anak kost yang sudah terbiasa hidup mewah dan sulit untuk mengatur keuangan Anda, maka beberapa hal yang ada di bawah ini wajib untuk Anda perhatikan dan wajib untuk Anda lakukan agar keuangan Anda tidak boros lagi dan Anda pun juga bisa untuk menabung dari hasil kerja Anda.

Berikut ini cara mengatur keuangan untuk anak kos:

  1. Susunlah anggaran belanja Anda, termasuk pada kebutuhan mandi, make up, kebutuhan makan sehari-hari, transportasi, biaya kos dan yang lainnya.
  2. Jika dirasa segala kebutuhan Anda sudah Anda catat dan Anda juga sudah mengetahui nominal yang harus Anda keluarkan untuk memenuhi kebutuhan, maka sebagian dari uang tersebut dapat untuk Anda tabung.
  3. Untuk menghemat uang jajan, maka sebaiknya jika Anda menanak nasi di kost dan barulah membeli lauknya.
  4. Tidak ada salahnya juga bila Anda bekerja sambil membawa bekal makan siang untuk menghemat.
  5. Kurangi nongkrong, jajan, dan hal-hal lain yang bisa menghabiskan banyak uang.
  6. Carilah kegiatan atau kesibukan lain untuk mengisi waktu Anda di kos sehingga tidak akan membuat Anda keluar kos dan mengeluarkan banyak uang.

Memang sebagai anak kos sering kali merasa jenuh dan bosan berada di kost, sehingga cara yang dilakukan yaitu dengan cara keluar bersama teman-temannya baik itu nongkrong, nonton bioskop, belanja, atau hanya sekedar ngopi yang tanpa Anda sadari hal ini jika Anda lakukan pada setiap harinya maka bisa membuat kantong Anda jebol, dan alhasil Anda tidak bisa menyisihkan sebagian uang gaji Anda untuk menabung. Sehingga cara yang ada di atas dapat untuk membantu Anda dalam mengatur keuangan sebagai anak kost.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *