4 Kiat Mengatur Keuangan Bagi Mahasiswa Agar Bisa Hidup Hemat

Ketika status Anda sudah menjadi mahasiswa maka dituntut oleh keadaan untuk bisa lebih dewasa dan mandiri dari sebelumnya. Kemandirian ini ternyata tidak hanya sebatas pada keinginan dan kemampuan untuk merapikan tempat tidur sendiri atau bangun pagi sendiri tanpa omelan mama di rumah. Melainkan juga lebih paham dan mandiri bagaimana mengatur keuangan, khususnya kalau ternyata harus tinggal di kamar kost lantaran lokasi kampus yang jauh dari rumah. Beberapa mahasiswa mengaku keteteran dan sering minta uang tambahan. Bagaimana kalau kondisi keuangan orangtua tidak mendukung? Maka penting bagi Anda untuk belajar mengatur keuangan dan belajar hidup secara hemat. Adapun kiat hemat selama kuliah adalah:

  • Memilih kost yang terjangkau dan dekat kampus,

Selama menjadi anak kost maka usahakan untuk tidak foya-foya dan salah satunya dengan mencari kost yang murah. Usahakan pula berdekatan dengan kampus supaya kebutuhan pulang pergi kuliah cukup jalan kaki saja. Asalkan dilakukan maka hidup selama kuliah semakin hemat dan membantu mengatur uang jajan dari orangtua secara efisien. Kalau pintar uang jajan akan sisa dan bisa dipakai merintis bisnis sendiri.

  • Kurangi penggunaan jasa laundry,

Kampus biasanya dekat dengan jasa laundry, mengapa? Sebab kebanyakan mahasiswa masih kaget diajak hidup mandiri sehingga enggan mencuci bajunya sendiri. Otomatis jasa laundry menjadi laris manis bak kacang goreng renyah saat menonton film. Akan tetapi untuk membantu mengatur uang jajan supaya hemat baiknya hindari kebiasaan memakai jasa laundry. Sekali laundry biasanya akan keluar uang puluhan ribu, apalagi kalau menambahkan selimut, boneka, dan lain-lain maka pengeluaran membengkak.

  • Manfaatkan Kartu Mahasiswa yang dimiliki,

Sebagai mahasiswa otomatis dari pihak kampus disediakan kartu identitas khusus yang menjadi tanda Anda adalah mahasiswa disana. Ada untungnya juga selain sebagai tanda pengenal, karena di sekitar kampus ada banyak tempat belanja, restoran atau warung, dan lain-lain yang memberi diskon. Anda cukup menunjukan kartu mahasiswa tersebut dan bisa makan biasa sampai kenyang namun tidak keluar uang berlebihan. Memanfaatkan status ini tentunya boleh dilakukan, supaya bisa kuliah dengan nyaman tanpa memikirkan kantong yang kosong.

  • Kurangi penggunaan kendaraan pribadi,

Perhitungkan kembali pengeluaran yang dilakukan untuk kebutuhan apapun terkait penggunaan kendaraan pribadi, entah motor atau mobil. Bisa jadi uang untuk bensin, parkir, sampai kebutuhan lain justru lebih mahal ketimbang naik angkutan umum. Kalau diperhitungkan memang lebih mahal maka mulailah beralih kepada kendaraan umum. Kendaraan pribadi ini bisa dipakai untuk keadaan genting saja, sehingga pengeluaran efisien. Anda bisa menabung dan memenuhi kebutuhan kuliah model apapun tanpa merengek dulu pada orangtua di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *