Sulit untuk Menabung Uang Meski Pemasukan Tinggi? Coba Biasakan 5 Hal Ini!

Banyak orang yang memiliki pendapatan besar, namun tidak memiliki uang cadangan atau tabungan sama sekali. Hal ini memang sering kali terjadi ketika tidak bisa memanage keuangan dengan tepat. Apalagi bagi sebagian orang memiliki masalah dengan pengeluaran, semakin besar pendapatan maka akan mempengaruhi gaya hidup mereka, sehingga jadi semakin boros juga. Hal ini tentunya sangat membahayakan, karena selama bertahun-tahun bekerja pastinya tidak akan bisa mendapatkan harta dalam bentuk apapun, baik itu kendaraan maupun rumah. Lalu kemana larinya uang-uang tersebut? Biasanya jika tidak digunakan untuk shopping juga travelling atau kuliner.

Mungkin saat masih memasuki usia 20an ini adalah hal yang wajar terjadi, namun seiring dengan bertambahnya usia tentunya Anda memiliki keinginan untuk berkeluarga bukan. Pastinya harus ada persiapan sebelum menikah, mulai dari tempat tinggal hingga kendaraan sendiri, sehingga kehidupan setelah pernikahan nantinya tidak terlalu banyak tanggungan, tinggal memikirkan masalah buah hati dan kebahagiaan bersama saja. Maka dari sekarang mulailah untuk membiasakan diri dalam menabung.

Jika sulit dilakukan, maka coba beberapa langkah berikut ini, yaitu:

  1. Percayakan uang tabungan kepada orang tua, bagi yang masih hidup dengan kedua orang tua, biasanya cara paling aman untuk menyimpan keuangan adalah dengan hal yang satu ini, percayakan uang tabungan tersebut kepada ibu. Karena mereka adalah orang terbaik yang nantinya akan mengelola keuangan Anda.
  2. Tentukan jumlah yang akan ditabung, cara lainnya yang bisa dicoba adalah dengan menentukan jumlah yang nantinya akan dimasukkan kedalam tabungan, jangan hanya seadanya, karena kebiasaan seperti inilah yang membuat hidup Anda bertambah boros, semuanya diutamakan untuk tujuan kepuasan, sebelum nantinya jika ada sisa akan ditabung, namun jika tidak juga tak menabung. Karena pastinya lebih banyak tidak bersisa.
  3. Buat rekening khusus, sebenarnya menabung paling mudah adalah dengan menggunakan rekening, namun pada beberapa orang tidak bisa memisahkan antara uang kebutuhan pribadi dengan uang tabungan, jadi lebih aman adalah dengan membuat sebuah rekening khusus, satu untuk berbagai macam transaksi keuangan, satunya lagi khusus tabungan. Agar tidak ditarik maka jangan pernah membawa ATM tersebut kemanapun Anda akan pergi, khususnya adalah ketika shopping.
  4. Disiplin dalam menggunakan uang, jangan pernah mengeluarkan uang lebih dari jumlah yang sudah ditentukan untuk kebutuhan bulanan Anda. Jadi alangkah baiknya untuk selalu membuat daftar pengeluaran, apa sajalah yang masuk dalam pengeluaran pokok dan juga pengeluaran sampingan, sisanya langsung dimasukkan dalam tabungan. Dengan disiplin mematuhi hal ini secara otomatis tabungan juga semakin bertambah gendut tiap waktunya.
  5. Jika ada sumber pemasukan tambahan maka jangan ditolak, misalnya adalah job-job di luar pekerjaan utama, sebagai freelancer atau membuka bisnis.

Itulah cara mudah yang bisa digunakan agar terbiasa menabung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *