4 Kiat Menjadi Ibu Rumah Tangga yang Pintar Berhemat

Tugas kompleks yang dimiliki oleh kalangan ibu rumah tangga membuat sosok mereka sangat penting dalam sebuah rumah. Anda yang merasa menjadi perempuan tentu perlu belajar menjadi ibu yang baik, tidak hanya pandai berdandan dan bisa hamil terus-terusan saja. Melainkan juga melek masalah finansial karena keuangan keluarga dikontrol penuh oleh istri dan ibu bagi anak-anak di rumah. Ketika perempuan di rumah boros maka keuangan keluarga tidak akan pernah berada di level nyaman, maka pahami kiat menjadi ibu rumah tangga yang hemat.

Dalam kehidupan rumah tangga kebutuhan memang berlimpah dan kadang tidak sepadan dengan pemasukan bulanan yang diterima. Akan tetapi jangan berkecil hati, Anda bisa berhemat dengan beberapa kiat sederhana berikut ini:

  • Belanja dapur secara mingguan,

Ketika berencana untuk mengajak keluarga hidup hemat maka bisa dimulai pada urusan dapur. Baiknya belanja dilakukan secara mingguan, karena Anda bisa belanja kebutuhan seminggu dengan sekali datang ke tempat belanja. Manfaatkan kulkas untuk menjaga kesegaran bahan masakan tersebut, dan tidak perlu ragu membeli kemasan besar entah untuk bumbu maupun sayur dan buah supaya mendapatkan harga menarik.

  • Cermat memilih tempat belanja,

Ibu pintar tentu selain harus tahu apa yang perlu dibeli dan apa yang perlu ditunda dulu pembeliannya. Juga wajib memahami cara pintar memilih tempat belanja karena kalau tempat yang didatangi murah-murah dijamin jatuhnya hemat. Carilah tempat belanja yang mengajak Anda untuk berhemat, salah satunya memanfaatkan swalayan ketimbang supermarket. Ataupun mengganti kebiasaan belanja di swalayan ke pasar tradisional sebab banyak pilihan tempat belanja murah bisa diandalkan untuk berhemat.

  • Miliki tabungan dari sisa uang belanja,

Setiap kali belanja Anda tentu wajib menyiapkan budget, pisahkan uang untuk membeli pakaian dengan uang untuk belanja sayuran di dapur. Ketika sudah menyiapkan anggaran maksimal akan lebih mudah untuk dipatuhi supaya tidak membayar terlalu mahal dibanding anggaran tersebut. Ketika ada sisa, maka alokasikan ke tabungan pribadi entah di rekening bank ataupun dimasukkan ke dalam brangkas keluarga. Cara mengatur keuangan yang satu ini lebih efisien ketimbang sisa uang berbelanja didiamkan saja karena bisa jadi malah terpakai untuk belanja besoknya.

  • Cerdas dalam menggunakan elektronik,

Sebagai ibu rumah tangga tentu paham betul elektronik apa saja di rumah yang dibutuhkan dan yang sering atau tidak sering digunakan. Ketika belanja elektronik pun ibu rumah tangga akan terlibat karena yang paling tahu elektronik mana yang baiknya dibeli. Anda bisa menyediakan elektronik sesuai kebutuhan, tidak perlu mengikuti trend dan mengikuti apa yang dimiliki tetangga karena keperluannya berbeda-beda. Kemudian pilih elektronik yang hemat listrik agar tagihan listrik tak membengkak supaya biaya rumah tangga hemat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *