Tips Hemat Biaya Pernikahan Agar Keuangan Sehat Selepas Menikah

Saat masih muda kadang Anda sudah mulai memikirkan masalah finansial, apakah normal? Dijamin normal dan memang idealnya demikian karena kebanyakan dari kita tumbuh dengan pemahaman keuangan yang terbatas. Ada yang sampai mengatakan jika pembahasan tentang seks tidak lebih tabu dibandingkan pembahasan soal uang. Contohnya, ketika Anda masih kecil orangtua mulai memperkenalkan area-area tubuh yang boleh dipegang orang dan tidak, inilah edukasi tentang seks. Namun ketika anak masuk sekolah, pernahkah membahas masalah biaya sekolah dengan anaknya? Tentunya tidak.

Sampai dewasa pun ilmu keuangan dari keluarga terbatas, padahal sangat penting untuk bisa mengatur keuangan dengan baik. Contohnya untuk kebutuhan pernikahan yang memang semua orang punya standarnya sendiri. Semua orang dijamin punya harapan menanggung biaya pernikahannya sendiri, entah sekedar ijab qabul ataupun sembari menggelar resepsi pernikahan impian. Mulailah mengatur keuangan sejak sekarang agar biaya pernikahan bisa diurus sendiri dan tidak menyusahkan orangtua. Berikut tips menciptakan pernikahan yang hemat:

  • Pangkas jumlah tamu undangan,

Biaya pernikahan akan membengkak ketika mengundang banyak orang, dimulai dari biaya cetak undangan, pesan porsi katering, luas gedung resepsi, dan sebagainya. Bagaimana jika tamu undangan hanya terbatas? Dijamin biaya yang dikeluarkan dari per point yang telah disebutkan benar-benar membuat kantong lega. Cobalah untuk tegas membatasi jumlah tamu undangan, sehingga tidak perlu menyewa gedung besar dan megah. Kemudian pilih hari pernikahan di hari kerja supaya biaya-biaya sewa semua keperluan resepsi tidak begitu mahal.

  • Urus berbagai keperluan secara pribadi,

Biaya yang juga cukup besar untuk mengadakan pesta pernikahan adalah pada semua urusan resepsi. Mulai dari dekorasi pelaminan, gaun pernikahan, sampai ke persoalan fotografi yang mau tidak mau membuat tabungan ludes tanpa sisa. Padahal Anda bisa berpikir kreatif memanfaatkan bakat sendiri dan keluarga maupun teman dekat untuk memangkas penggunaan jasa orang luar. Manfaatkan relasi untuk menciptakan pernikahan impian dengan budget rendah, kalau bisa membuat dekorasi pelaminan sendiri dengan DIY maka tidak perlu membayar WO. Kebutuhan fotografi, katering, dan tetek bengeknya bisa meminta bantuan orang sekitar.

  • Manfaatkan paket bulan madu murah,

Setelah resepsi pernikahan selesai tentunya Anda dan pasangan memiliki keinginan untuk bulan madu. Bulan madu pun tidak melulu harus menuju negara paling romantis di dunia, tidak pula harus ke pulau tercantik di Indonesia. Anda bisa mengunjungi tempat terdekat yang Anda dan pasangan ingin kunjungi berdua sehingga jalan-jalan sudah masuk kategori bulan madu. Supaya hemat manfaatkan jasa agen perjalanan yang menyuguhkan paket bulan madu, biasanya dibuat lebih ekonomis. Cermat dalam memilih paket bulan madu akan menjamin kepuasan Anda dan pasangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *