Menilik Tips Bijak dalam Pemakaian Uang THR

Menjelang Lebaran pasti sudah banyak sekali yang menantikan liburan untuk merayakan hari raya. Selain kebahagiaan mampu bertemu dengan keluarga, satu hal lagi yang menjadikan Lebaran kian menyenangkan adalah dengan adanya THR. Ya, Tunjangan Hari Raya mampu memberikan kepada Anda uang tambahan sehingga memang uang THR ini pasti ditunggu-tunggu karena hanya diberikan setahun sekali saja.

Sebelum THR di tangan, pasti Anda sudah memikirkan untuk apa penggunaan uang tersebut. Ya, bahkan sebelum uang THR sampai ke tangan Anda. Memang wajar karena mendapatkan uang tambahan seolah jadi hadiah tambahan untuk momen hari raya. Namun jangan sampai penggunaan uang THR ini dilakukan secara sembarangan sehingga habis tanpa sisa. Ada baiknya Anda tahu tips penggunaan uang THR secara bijak berikut ini:

  • Prioritaskan untuk hari raya

Sesuai namanya, uang THR ini memang uang yang ditujukan dipakai untuk merayakan hari raya. Oleh karena itu, prioritas penggunaan yang utama adalah untuk segala keperluan di hari raya. Anda bisa membeli tiket mudik, menyiapkan oleh-oleh, baju lebaran dan lainnya sesuai dengan adat hari raya di keluarga Anda. Namun jangan sampai menghabiskan semua uang THR tersebut agar tidak boros.

  • Anggarkan untuk tabungan

Meski uang ini adalah uang untuk bersenang-senang ketika hari raya, namun ada baiknya untuk menganggarkan uang agar tetap bisa ditabung. Dengan adanya tambahan uang THR, maka diharapkan agar bisa menambah jumlah tabungan yang sudah Anda simpan selama ini. Sisihkan setidaknya 10% sampai 20% uang THR tersebut untuk disimpan.

  • Pakai untuk dana darurat

Jika Anda sedang ada keperluan darurat misalnya saja tunggakan SPP anak, ada keluarga masuk rumah sakit hingga masih ada hutang, maka uang THR pun bisa dipakai untuk membayar semua keperluan darurat tersebut. Jika memang Anda sedang tidak ada keperluan mendadak dalam waktu dekat, maka bisa juga dengan menyimpannya sebagai dana darurat sehingga bisa dipakai sewaktu-waktu jika ada keperluan yang penting nantinya.

  • Menyisihkan untuk investasi

Jangan menggunakan uang hasil THR ini untuk membiayai keperluan sehari-hari Anda. Hal ini lantaran dengan begitu maka uang THR tidak akan ada sisa dan menguap begitu saja. Oleh karena itu lebih baik gunakan uang THR ini untuk berinvestasi misalnya saja dengan membeli emas atau bisa juga dengan ikut instrumen investasi lainnya sehingga uang lebih awet dan berkembang.

Itulah beberapa cara bijak yang bisa Anda lakukan dalam penggunaan uang THR tersebut. Banyak atau tidaknya uang THR, tentunya tetap jadi kebahagiaan tersendiri ketika mendapatkannya setelah kerja keras. Namun tetap jangan lupa untuk menyisihkan sebagian sehingga bisa berbagi lebih kepada mereka yang membutuhkan sehingga kebahagiaan kian terasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *