Ini Dia 4 Tips Mengelola Keuangan yang Tepat untuk Anda yang Masih Kuliah

Menjadi seorang mahasiswa terutama mahasiswa yang merantau seringkali dihadapi dengan masalah-masalah sehari-hari yang tak bisa terhindarkan. Para mahasiswa biasanya paling sering mengalami masalah dalam hal finansial. Kebanyakan dari mahasiswa memang masih belum terlepas dari kepribadiannya saat masih bersekolah. Banyak dari mereka yang menghabiskan uang saku atau uang jajannya secara sembarangan tanpa memikirkan kedepannya. Mereka akan sadar jika mereka sudah kehabisan uang dan tidak ada simpanan lainnya yang dapat digunakan untuk sehari-hari.

Untuk itu, mahasiswa perlu memahami beberapa tips untuk bisa membatasi pengeluaran mereka dan membuat keuangan mereka menjadi lebih baik. Berikut adalah tips keuangan yang dapat diterapkan oleh mahasiswa dimana pun:

  • Buat Perencana Pengeluaran

Untuk membatasi pengeluaran Anda, diperlukan perencanaan pengeluaran pada setiap bulannya. Catatlah mana saja kepentingan yang harus Anda keluarkan sehingga Anda tahu berapa banyak uang yang Anda dapat gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dengan adanya rencana ini, Anda pun akan mengetahui mana yang dapat dikurangi dan Anda mengeluarkan uang untuk apa saja.

  • Kebutuhan atau Keinginan

Selain merencanakan pengeluaran, Anda juga harus paham dalam membedakan mana yang disebut kebutuhan dan mana yang dimaksud dengan keinginan. Kebanyakan dari mahasiswa salah menganggap maupun tidak mengerti apa perbedaan kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan adalah sesuatu yang kita butuhkan untuk menyambung hidup, atau sesuatu yang kita perlukan untuk hidup, seperti makanan, pakaian, peralatan mandi, dan lain sebagainya. Sedangkan keinginan adalah barang yang sekedar kita inginkan namun tidak ada sangkut paut dengan keberlangsungan hidup, seperti misalnya, ponsel, tas mahal, baju mahal, perhiasan, dan lain-lain. Prioritaskan kebutuhan Anda, bukan keinginan, karena keinginan memiliki umpama sebagai ‘lapar mata’ saja.

  • Mencatat Pemasukan dan Pengeluaran

Mencatat uang yang masuk dan keluar ini juga sangat penting. Dengan ini, Anda bisa mengetahui apakah pemasukan Anda lebih besar setiap bulannya, atau pengeluaran Anda yang lebih besar. Mencatat semua yang masuk dan keluar diharap dapat membantu Anda menjadi bijak dalam pengeluaran dan bisa mengurangi pengeluaran yang tidak diperlukan dan mungkin bisa membuat Anda berhemat sedikit dan bijak dalam memakai uang.

  • Pisahkan Rekening

Maksud dari pisahkan rekening adalah Anda harus membuat 2 rekening atau lebih untuk biaya kuliah dan rekening yang dipakai sehari-harinya. Seringkali kalau melihat jumlah uang yang banyak, maka mahasiswa akan tergoda untuk membelanjakan uang tersebut dan berakhir dengan kurangnya biaya kuliah, dan merekapun harus menutupinya dari orang tua. Maka disarankanlah agar membuat 2 rekening agar uang kuliah tidak terpakai. Selain itu, hal ini bisa juga dipakai untuk berorganisasi. Jika dalam organisasi Anda adalah Bendahara, maka dengan 2 rekening ini akan lebih aman dan mengecilkan kemungkinan Anda akan memakai uang tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *