Menilik Beberapa Kesalahan Remaja dalam Mengatur Keuangan yang Masih Kerap Dilakukan

Ketika masih remaja, mengatur keuangan menjadi salah satu hal yang masih susah untuk dilakukan. Hal tersebut disebabkan karena beragam macam faktor dan salah satunya adalah karena banyak jenis barang yang ingin dibeli. Berikut ini merupakan beberapa kesalahan yang masih sering dilakukan oleh remaja dalam mengatur masalah keuangan yang bisa berakibat fatal jika terus dilakukan hingga usia menjelang 30an.

Pertama adalah hanya membelanjakan uang untuk bersenang-senang. Tidak sedikit yang menghabiskan seluruh uang saku untuk keperluan yang tidak terlalu penting misalnya semua uangnya dipergunakan untuk mentraktir atau nongkrong di cafe setiap hari atau membeli barang yang sebenarnya masih ada namun karena diskon, sehingga barang tersebut langsung dibeli. Jika uang yang dimiliki hanya dipergunakan untuk hal yang kurang baik, bisa menyebabkan Anda tidak memiliki tabungan yang dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan yang mendadak atau darurat.

Kedua adalah berbelanja tanpa tahu prioritas. Saat masih remaja, berbelanja menjadi salah satu kegiatan yang paling sering dilakukan apalagi saat bersama dengan teman. Sayangnya, saat masih remaja banyak yang belum mengetahui mana barang yang harus dibeli lebih dahulu dan mana yang hanya merupakan keinginan untuk dimiliki. Dengan kata lain, remaja masih belum bisa membedakan mana barang yang harus menjadi prioritas utama dan mana yang bisa dibeli kapan-kapan jika punya uang.

Ketiga adalah kurang bisa menjaga komitmen. Tidak jarang yang berfikir untuk menabung dalam jangka waktu tertentu baru kemudian membeli barang yang diinginkan namun, saat melihat ada barang yang dijual dengan harga yang murah, barang tersebut akhirnya dibeli dan keinginan untuk membeli barang tertentu yang sudah direncanakan menjadi mundur. Selain itu, komitmen juga bersangkutan mengenai berapa banyak jumlah yang akan dikeluarkan di waktu tertentu sehingga uang yang akan disimpan lebih banyak. Namun, keinginan atau khilaf mungkin terjadi sehingga uang yang dikeluarkan atau dibelanjakan lebih banyak dari yang direncanakan.

Kesalahan lainnya yang masih kerap dilakukan oleh remaja terkait dengan mengatur keuangan, yaitu:

  • Tidak mempunyai target, misalnya bulan ini harus bisa menabung sekian untuk membeli barang ini. Umumnya, remaja masih belum bisa menentukan target jangka panjang untuk keuangannya di masa depan.
  • Terlalu larut dalam perkembangan zaman tanpa adanya pengontrolan diri. Sebagian besar remaja terlalu mengikuti arus, misalnya ingin selalu tampil fashionable, sehingga menggunakan seluruh uangnya agar tetap tampil fashionable dengan item fashion yang sedang tren saat itu.
  • Tidak punya catatan keuangan. Hal ini disebabkan karena umumnya remaja menganggap jika uang bulanan atau uang mingguan habis, maka bisa langsung meminta ke orang tua sehingga kerap kali remaja masa bodo dengan seberapa banyak uang yang dikeluarkan untuk keperluan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *