Tips Mudah Mengatur Keuangan dengan Menggunakan Amplop

Mungkin Anda sudah sering melihat meme perbandingan tanggal awal bulan dan akhir bulan. Saat akhir bulan, kita sering merasa nelangsa bahkan sampai mengambil hutang di warung karena gaji sudah ludes habis. Nyatanya, jika di pikir-pikir, pengeluaran yang kita keluarkan hanya itu-itu saja. Hanya kita tidak mengetahui gajinya lari dimana saja. Masalah seperti ini banyak di alami oleh para bujangan, jangankan untuk menabung, untuk kebutuhan sehari-hari saja harus mencari tambahan hingga akhirnya gaji numpang lewat di ATM. 

Sebenarnya, ada cara yang lebih mudah untuk mengatur pendapatan bulanan. Anda bisa mengatur keuangan dengan menggunakan amplop atau sistem amplop. Cara seperti ini memang kuno serta sedikit menyebalkan. Kita harus mencatat hal ringan termasuk korek api dan rokok. Dari sini, kita akan mengetahui sebenarnya lari dimana uang kita dan berapa besaran gaji yang kita terima. Apakah kebanyakan pendapatan lari ke pulsa, bioskop atau malah ke pacar? Sediakan selembar kertas untuk satu hari dan buat note di handphone. Setiap malam Anda bisa menulis apa saja yang kita beli saat hari itu. Dari sini, kita akan sadar, kebanyakan gaji akan lari ke pacar atau ke jajan. Hingga akhirnya setiap hari kita bisa membuat evaluasi pengeluaran.

Mengatur keuangan dengan menggunakan sistem amplop seperti jaman dulu menjadi senjata yang sangat ampuh. Caranya juga begitu mudah, memang cara mengatur keuangan seperti ini dalah cara lama, namun cara ini begitu berguna agar bisa membuat kita menjadi semakin hemat serta terarah menggunakan uang. Sesuai dengan nama yang dimiliki. Sistem ini mempergunakan amplop untuk media pengatur uang.

Berikut cara untuk melakukannya, antara lain:

  • Siapkan perlengkapan dan peralatan. Anda memerlukan peralatan seperti bolpoin, kalkulator serta kertas untuk menulis dan menghitung rincian pengeluaran Anda. siapkan amplop sesuai dengan pengeluaran rutin,
  • Buat kategori pengeluaran secara rutin. Apakah kita harus membuat kategori pengeluaran? Ini adalah hal penting, kita harus mencatat pengeluaran hingga ke dasar. Buat daftar dengan rinci serta urutkan sesuai dengan prioritas. Masukkan rencana liburan dan kondangan,
  • Pisahkan uang dalam amplop. Isi amplop dengan uang cas sesuai kategori pengeluaran. Intinya harus tetap irit. Jatah tiap pengeluaran memiliki batas minimal. Dalam satu bulan, jangan sampai mengisi amplop yang sudah habis,
  • Sisihkan uang untuk tabungan serta dana darurat. Selalu usahakan menyisihkan sejumlah dana untuk ditabung serta untuk dana yang tidak terduga. Tidak harus menyisihkan dalam jumlah banyak, namun hal yang harus dilakukan adalah konsisten menabung setiap bulan.

Agar sukses melakukan pengaturan keuangan, Anda harus lebih konsisten, konsisten untuk tidak mengambil uang lagi, jika amplop sudah habis. Jika perlu tinggal kartu kredit dan kartu debit Anda di rumah saat Anda pergi bersama pacar atau nongkrong bersama teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *