Menilik Kebiasaan Sepele yang Membuat Biaya Hidup Anda Membengkak

Apakah Anda sering frustasi dengan kondisi keuangan yang tidak pernah sembuh dari masa kritis? Bisa jadi Anda kurang hidup secara hemat sehingga per bulannya pengeluaran lebih besar dibandingkan pemasukan yang didapatkan. Perbaiki kembali gaya hidup Anda untuk hidup sehemat mungkin, sebab secara alami manusia biasanya bisa hidup nyaman meski isi kantongnya terbatas. Akan menjadi fatal dan berdampak di hari tua kalau di usia muda Anda malah tidak pernah bisa menabung, padahal ada banyak kesempatan untuk melakukannya.

Kalau merasa sudah hemat namun ternyata gaji bulanan sepertinya hanya numpang lewat saja, maka segera lakukan koreksi. Bisa jadi salah satu dari kebiasaan yang sering dilakukan sehingga hidup hemat gagal diterapkan:

  • Suka nongkrong di kafe,

Rencana Anda untuk cuci mata saja sehingga singgah ke sebuah kafe, namun yakin hanya duduk manis tanpa memesan apapun di dalamnya? Dijamin akan tetap mengeluarkan uang minimal secangkir kopi atau sebotol air mineral. Padahal harga minuman sepele tersebut di kafe seolah sudah naik ke derajat lebih tinggi sehingga lebih mahal, ubahlah tempat nongkrong Anda.

  • Rajin membeli minuman dalam kemasan,

Minuman di dalam kemasan jenisnya banyak dan harganya pun sangat-sangat murah, namun dalam sebulan berapa kali Anda membelinya? Bisa jadi ratusan kali sehingga pengeluaran membengkak bukan karena belanja baju bermerek melainkan minuman tersebut. Usahakan untuk menghindari kebiasaan sepele ini karena membuat pengeluaran lebih besar dari seharusnya. Pakai uang Anda membeli tumblr, kemudian bawa air dari rumah dan supaya tidak bosan bisa diganti-ganti dengan infuse water.

  • Suka ke gym,

Mau tubuh bugar, sehingga rajin menyambangi gym atau tempat fitnes? Opsional ini ternyata membuat biaya hidup membengkak secara signifikan karena masuk ke gym tidak gratis. Entah sebentar ataupun lama di dalamnya dijamin perlu membayar harga normal dan bertambah kalau menyewa instruktur. Padahal untuk menikmati olahraga supaya tubuh sehat dan bugar tidak melulu harus ke gym. Bisa sekedar memakai kaos oblong dan sepatu lari kemudian jogging di pagi hari, lebih murah dan manfaatnya setara.

  • Lebih sering tarik uang di ATM bank lain,

Merasa memiliki gaji yang lumayan sehingga asalkan berhenti belanja produk bermerek, maka dijamin bisa menabung. Sudah bisakah menabung? Kalau belum bisa mungkin ada kebiasaan sepele yang ternyata membuat kantong super boros. Salah satu contohnya adalah kebiasaan menarik uang tunai dari mesin ATM bank lain. Memang sepele dan sering dilakukan karena ATM bank sendiri terlalu jauh, padahal penarikan uang ini akan kena biaya administrasi. Kalau terlalu sering maka pengeluaran yang dilakukan ternyata lebih besar maka segera hentikan kebiasaan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *