Mulai Atur Dana Pensiun Sejak Dini dengan Cara Berikut Ini!

Mulai memasuki usia 40 tahun, sebaiknya sudah berpikir bagaimana untuk menghadapi masa tua. Ini hal kecil yang tidak banyak dipikirkan, apalagi jika ada masalah anak, pendapatan bulanan yang tidak bisa menutupi semua kebutuhan. Dana pensiun sebaiknya mulai dipersiapkan sejak dini, kenapa bisa demikian? Karena biaya hidup akan semakin meningkat, padahal usia produktif mulai berakhir. Itulah kenapa, harus pintar mengatur keuangan agar bisa pensiun dan menikmati masa tua dengan nyaman dan tenang.

Bekerja di sektor swasta memang mendapatkan gaji bulanan lebih tinggi dari jumlah yang ditawarkan pegawai pemerintahan, namun tahukah Anda jika jumlah pensiun yang diberikan perusahaan kecil jumlahnya, bahkan dahulu tidak ada sama sekali. Perusahaan bahkan hanya memberikan pesangon sebagai tanda terima kasih sudah bekerja selama ini, apakah bisa menghasilkan pendapatan dalam jumlah besar setelah memasuki usia 50 tahun, itulah kenapa pentingnya mengatur dana pensiun sejak dini.

Terlebih jika anda dan pasangan bekerja setiap harinya, waktu pensiun harusnya dihabiskan berdua dalam ketenangan tanpa memikirkan urusan uang dan pekerjaan. Untuk anda yang ingin menikmati masa tua, mulai sekarang atur pendanaan pensiun memang terkesan sia-sia di masa muda, namun ini akan jadi investasi yang anda syukuri di usia senja nantinya:

  • Buat tabungan khusus yang tidak pernah digunakan. Kurang suka dengan sistem dana pensiun yang tidak bisa dilakukan pengambilan, sebaiknya membuka sebuah tabungan bersama untuk pensiun namun membuat sebuah kesepakatan tidak boleh digunakan hingga kurun waktu minimal 20 tahun dari awal pembuatan. Anggap saja ini sebuah tabungan khusus yang tidak anda sadari dan rasakan manfaatnya nanti menjelang masa pensiun.
  • Ikut investasi dengan peningkatan stabil. Menempatkan uang untuk investasi memang tepat, karena nominalnya akan selalu mengalami peningkatan. Hal paling mudah untuk berinvestasi dengan kenaikan stabil itu perhiasan, terlebih emas. Harganya memang tidak langsung melonjak tinggi, namun selalu meningkat secara pasti.
  • Alihkan pembelian barang bergerak ke bidang properti. Mengalokasikan bonus tahunan untuk sebuah investasi besar, pilih saja bidang properti yang selalu mengalami peningkatan. Di kota besar sebaiknya membeli rumah di lokasi strategis, jika tidak digunakan bisa disewakan. Nominal uang tidak terlalu besar untuk membeli rumah, bisa mencari apartment. Ini jadi pilihan tempat tinggal praktis anak muda, harga sewa setiap unit apartment berbeda. Harganya akan cepat meningkat jika berdekatan dengan area sekolah dan perkantoran.
  • Buat penghitungan bulanan dengan sisa uang stabil. Merasa terbebani jika langsung memotong sejumlah yang untuk menabung, karena takut ada pengeluaran tak terduga. Sebaiknya membuat pengaturan uang bulanan terlebih dahulu, bagi uang untuk setiap pos penting. Sehingga tidak akan menggunakan uang lainnya jika memang sudah habis, misalkan pos uang liburan atau makan di luar sudah habis, maka luangkan waktu akhir pekan dengan quality time bersama keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *