Menilik Cara Cerdas Agar Bisa Hemat di Akhir Bulan

Siapa yang sering menghabiskan uang di awal bulan dan bingung di akhir bulan? Bagi Anda yang melakukan hal tersebut, segera tinggalkan kebiasaan buruk mengatur keuangan. Meskipun sudah memiliki gaji yang mumpuni, tetap kontrol pengeluaran di awal bulan untuk berjaga-jaga pengeluaran tidak terduga selanjutnya. Banyak dari kita yang gatal menghabiskan uang untuk membeli barang-barang atau keinginan yang sekiranya tidak penting dan tidak sempat menabung untuk biaya akhir bulan.

Memang mendapatkan gaji di awal bulan menjadi sesuatu yang menggembirakan. Tetapi jangan sampai hal ini menghipnotis Anda untuk melakukan sesuatu yang tidak perlu. Pikirkanlah bagaimana kerja keras untuk mengumpulkan uang dalam sebulan, tentu sulit dan melelahkan, bukan? Beralihlah menjadi pribadi yang berhemat. Tidak ada salahnya ketika menerima gaji, langsung sisihkan beberapa untuk tabungan. Anda bisa menyediakan kotak tabungan sendiri di rumah atau menyimpannya di bank dengan tabungan deposit. Cara ini bisa mengontrol Anda karena tabungan deposit tidak bisa diambil sebelum waktunya.

Sangat penting menyisihkan dana untuk kebutuhan darurat, tetapi bukan berarti Anda tidak boleh menikmati jerih payah untuk membelanjakan kebutuhan. Anda bisa bersenang-senang menggunakan uang untuk berlibur, pergi bersama teman-teman, dan belanja. Usahakan dana yang digunakan 15% dari gaji yang Anda terima. Sesuaikan dengan lokasi tempat tinggal Anda karena hidup di kota besar lebih mahal dibandingkan hidup di kota kecil.

Lalu bagaimana agar bisa hemat di akhir bulan? Berikut tipsnya:

  • Susun daftar belanja.

Untuk mengontrol pengeluaran, buatlah daftar kebutuhan yang harus dibeli dalam satu bulan. Dengan begini, Anda tidak akan over budget. Tentu saja ketika belanja Anda juga harus konsisten karena seringkali apa yang ditulis tidak sama dengan apa yang dibelanjakan.

  • Batasi pengeluaran sepele.

Pasti ada beberapa orang yang tidak sadar uangnya habis karena pengeluaran yang sifatnya kecil, misalnya membayar parkir, membeli minuman atau makanan ringan, dan lain-lain. untuk mengatasi hal tersebut, susun juga daftar prioritas dan perkirakan keuangan untuk keperluan yang sifatnya kecil-kecil.

  • Jangan hutang.

Usahakan Anda membeli secara tunai, bukan dengan kartu kredit. Apabila terpaksa harus melakukan kredit untuk investasi masa depan, sesuaikan jangka waktu dengan kemampuan keuangan Anda. Jangan terpacu dengan cepatnya pelunasan dengan biaya besar karena mampu membayar saat ini, tetapi pikirkan kedepannya terlebih lagi jika Anda seorang pegawai swasta.

  • Cari tambahan uang.

Jika ingin memiliki tabungan atau pemasukan lebih banyak, Anda bisa mencoba membuka usaha maupun bekerja freelance.

Pengelolaan keuangan yang baik sangat penting dimiliki agar masalah-masalah yang berhubungan dengan uang tidak menghampiri Anda. Jika sejak dini Anda tidak melatih untuk berhemat, maka kebiasaan jelek itu akan terbawa sampai dewasa. Menyisihkan uang di awal bulan lebih baik daripada bingung mencari uang untuk akhir bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *