Menilik Macam-macam Transaksi Keuangan yang Harus Anda Ketahui

Disetiap perusahaan dan di berbagai jenisnya pasti melakukan transaksi keuangan setiap harinya. Transaksi tersebut berupa sebuah interaksi dengan pihak yang berasal dari luar perusahaan maupun pihak yang ada di dalam perusahaan itu sendiri. Bertransaksi dengan pihak dari luar biasanya dalam penjualbelian dan sebagainya. Transaksi keuangan itu sendiri adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan perusahaan dan diukur dengan uang. Transaksi ini sangat berpengaruh pada aset perusahaan dan dapat memajukan perusahaan tersebut. Transaksi keuangan sebenarnya terdiri dari dua jenis menurut ruang lingkup dan menurut bidang yang terpengaruh. Transaksi keuangan menurut ruang lingkupnya dapat dibagi menjadi 2, yaitu internal dan eksternal. Sedangkan menurut bidang yang dipengaruhinya juga dibagi menjadi 2, modal dan usaha.

  • Transaksi Internal

Transaksi keuangan internal adalah sebuah transaksi yang terjadi di dalam sebuah perusahaan dan hanya melibatkan pihak internal di perusahaan, tidak melibatkan pihak mana pun dari luar perusahaan. Transaksi ini seringkali dicatat saat penyusunan jurnal penyesuaian. Contoh dari transaksi keuangan internal ini misalnya, penetapan jumlah piutang yang belum tertagih, pemakaian perlengkapan, dan lain sebagainya. Transaksi ini akan dicatat di dalam jurnal penyesuaian dimana beban perlengkapan akan berada dalam posisi debet dan perlengkapan dalam posisi kredit. Transaksi ini juga memerlukan bukti transaksi internal yang dibuat untuk perusahaan sendiri.

  • Transaksi Eksternal

Transaksi keuangan eksternal adalah transaksi yang terjadi dan dilakukan oleh perusahaan dengan melibatkan pihak-pihak diluar perusahaan. Transaksi ini biasanya berhubungan dengan operasi perusahaan. Yang termasuk transaksi keuangan eksternal adalah misalnya, pembelian barang, pembelian peralatan, pertukaran jasa, dan lain sebagainya. Selain itu, transaksi ini membutuhkan bukti transaksi eksternal seperti nota, faktur, kwitansi, dan lain sebagainya. Bukti eksternal ini adalah bukti pengeluaran uang berupa nota dan lainnya yang ditandatangani serta dibuat oleh pihak yang menerima uang perusahaan.

  • Transaksi Modal

Transaksi modal adalah sebuah transaksi yang berhubungan dengan modal dan pemilik perusahaan, biasanya dapat dijumpai pada persero. Transaksi ini juga mempengaruhi berkurang dan bertambahnya modal pada suatu perusahaan. Contoh transaksi modal adalah saat pemilik perusahaan menyetor uang untuk dijadikan sebagai modal, saat pemilik perusahaan mengambil uang dari modal untuk kepentingan pribadinya atau biasa di sebut prive, saat pemilik perusahaan memberikan harta bendanya untuk dijadikan sebagai bagian dari operasional perusahaan.

  • Transaksi Usaha

Transaksi usaha adalah transaksi yang berhubungan dengan operasional atau kegiatan utama suatu perusahaan, biasanya mempengaruhi keuangan perusahaan tersebut dan juga pencatatan atas segala yang diperlukan oleh perusahaan. Contoh dari transaksi usaha adalah membayar gaji pegawai, melakukan tugas utama dari pekerjaan dan mendapatkan bayaran dari pelanggan, membeli barang, membeli peralatan kantor atau peralatan untuk perusahaan, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *