Inilah Beberapa Kesalahan yang Biasa Dilakukan dalam Berinvestasi yang Perlu Anda Hindari

Investasi merupakan cara tepat untuk bisa mempersiapkan keuangan demi masa depannya. Dengan berinvestasi maka nilai aset pun akan bisa ditingkatkan. Di era yang kian modern ini, kini investasi sudah banyak dilakukan oleh masyarakat secara umum karena memang kesadaran akan pentingnya investasi untuk masa mendatang harus dipikirkan sejak saat ini. Investasi membutuhkan perencanaan keuangan yang cukup matang sehingga tidak salah dalam pemilihan dan penggunaan nantinya.

Sudah bukan rahasia jika inflasi adalah alasan mendasar mengapa investasi harus dilakukan. Inflasi yang seringkali tinggi ini tentu kerap menjadikan kondisi keuangan kian sulit dimana berdampak meningkatnya harga barang. Itulah mengapa investasi perlu dilakukan oleh semua orang. Namun banyak juga yang salah dalam melakukan investasi. Berikut ini beberapa kesalahan umum yang kerap terjadi:

  • Tabungan adalah prioritas

Berdasarkan data yang ada, ternyata tabungan menempati urutan pertama penempatan dana masyarakat di Indonesia. Namun untuk investasi masih jauh di bawah tabungan. Padahal investasi mampu memberikan keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan tabungan. Hal ini lantaran mindset masyarakat sendiri yang belum mampu diubah dimana masih mementingkan tabungan.

  • Tabungan sebagai investasi

Hampir semua orang pasti memiliki tabungan, namun berbeda jika ditanya investasi karena belum tentu semua orang memiliki investasi. Bahkan mayoritas tabungan ini ternyata digunakan untuk investasi jangka panjang. Perlu diketahui jika tabungan lebih cocok digunakan untuk membiayai kehidupan keseharian dan juga biaya tak terduga serta sebagai dana darurat. Tabungan tidak cocok dijadikan investasi jangka panjang karena bunganya akan selalu lebih kecil dibandingkan inflasi sehingga nilai uang Anda akan menurun di masa depan.

  • Takut akan resiko

Setiap jenis investasi pasti diiringi dengan resiko yang ada. Hal ini memang sudah umum terjadi. Tak heran jika tabungan tetap jadi primadona karena tidak adanya resiko yang didapat. Namun kadang tidak mau terjebak resiko ini juga menjadikan uang Anda pun tidak bergerak sehingga potensi keuntungan juga menjadi terabaikan. Jadi pikirkan dengan benar masa depan jangka panjang keuangan Anda.

  • Kurang ilmu

Banyak yang terlalu takut akan resiko, namun tak sedikit juga yang terjun ke dunia investasi hanya berbekal nekat saja. Hal ini tentu juga tidak dibenarkan karena akan meresikokan uang Anda lebih besar lagi. Jadi pastikan ketahui ilmu dalam berinvestasi juga sehingga Anda tidak merugi.

Itulah beberapa kesalahan yang kerap terjadi dalam hal berinvestasi untuk para pemula. Anda tentu harus memikirkan keuangan jangka panjang sejak saat ini sehingga di masa depan keuangan pun sudah tertata. Saat ini instrumen investasi yang bisa dipilih pun banyak sekali mulai dari emas, properti, reksadana, deposito dan lain sebagainya sehingga bisa jadi alternatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *