Tips Agar Acara Nongkrong Anda Tak Membuat Kantong Menjadi Bolong

Ingin nongkrong namun uang gajian ingin dihemat? Jika Anda berpikir bila nongkrong adalah sebuah pemborosan, ini adalah hal yang salah. Kegiatan belanja tanpa melakukan perencanaan yang tepat bisa saja membuat Anda menjadi boros. Sehingga intinya ialah perencanaan pengeluaran. Jika tidak melakukan perencanaan, Anda bisa boros saat menggunakan uang. Ini adalah hal yang biasa, dan kebanyakan orang melakukan kesalahan demikian, alhasil jika Anda melakukan hal tersebut, bersiaplah untuk menerima kenyataan tabungan akan semakin tipis. Kebiasaan anak muda seperti nongkrong hampir semua orang menyukainya. Tetapi, hanya sedikit yang bisa memiliki keuangan yang sehat walaupun sering nongkrong. Ada beberapa tips agar kegiatan nongkrong tidak menghabiskan kantong.

Pertama, buat anggaran khusus. Saat Anda menerima gaji, lebih baik sisihkan pos pengeluaran untuk nongkrong. Contohnya sekarang ini gaji Anda Rp 3 juta, alokasikan 10 persen untuk nongkrong, sehingga Anda memiliki uang Rp 300 ribu untuk nongkrong. Artinya Anda bisa nongkrong setiap malam minggu dengan catatan tidak boleh lebih dari Rp 70 ribu.

Kedua, bawa bekal makanan. Walaupun terdapat anggapan negatif karena membawa bekal makanan, Anda tidak perlu mengambil hati atas hal tersebut, yang penting Anda bisa tetap gaul bersama dengan teman dan tabungan tidak bocor. Namun, bukan berarti Anda harus membawa bekal dari rumah dengan menu komplit. Anda bisa mencoba untuk membawa air minum kemasan dari rumah. Jangan berlebihan ketika berhemat apalagi terlalu memaksakan diri, terlalu berlebihan melakukan penghematan sangat tidak dianjurkan, bisa jadi hal tersebut malah menyiksa Anda. niat Anda sekarang ini ialah mengontrol keuangan bukan malah membuat hidup menjadi kurang nyaman.

Ketiga, makan dulu. Makan sebelum nongkrong, jika perut sudah kenyang, di tempat tongkrongan Anda akan lebih ngirit. Diberi menu yang paling lezat, jika sudah kenyang juga tidak akan makan atau menyentuhnya. Ini adalah tips yang pas serta efektif untuk diterapkan. Bila melihat sistem biologis tubuh, otak tidak akan melakukan respons atau menerima masakan yang lezat bila Anda dalam keadaan kenyang. Seperti alarm kebakaran, sistem tubuh akan mengeluarkan sejumlah alarm jika Anda berada dalam kondisi tertentu.

Terakhir, siap hidup dengan prihatin jika terlalu banyak uang yang dihabiskan untuk nongkrong. Bukan menjadi sebuah masalah nongkrong saat weekend. Asal, Anda mau menerima konsekuensinya. Salah satunya bisa hidup dengan ngirit di hari-hari berikutnya. Contoh kemarin Anda menghabiskan uang sebanyak Rp 300 ribu, hasilnya, uang dari berhemat dapat digunakan sebagai penambal pengeluaran nongkrong. Ternyata, nongkrong tidak seterusnya boros bukan? Asalkan Anda dapat mengaturnya dengan baik, tanggung jawab dan teliti, semua tidak akan menjadi sebuah masalah. Gaul masih dapat dilakukan, tinggal bagaimana cara kita mengatur keuangan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *