Tips Mengatur Keuangan dengan Tepat Bagi Keluarga Baru

Sistem keuangan bagi keluarga merupakan hal utama yang memang harus dijaga, karena melalui sistem inilah keseimbangan dalam cashflow keluarga dapat terjaga dengan baik. Bagi Anda pasangan muda, yang memang baru memulai kehidupan berkeluarga, maka sistem penataan keuangan secara transparan dengan pasangan harus mulai Anda terapkan, agar nantinya Anda dapat memiliki keterbukaan akan berbagai kendala terutama pada permasalahan keuangan Anda. Tidak hanya itu saja, pengaturan keuangan yang Anda kelola dengan pasangan, juga memungkinkan Anda untuk dapat menghargai pendapat ataupun perbedaan yang mungkin akan Anda temui dalam kehidupan rumah tangga yang Anda jalani.

Pengaturan keuangan bagi keluarga baru, mungkin akan lebih difokuskan pada penggunaan dana anggaran untuk kebutuhan utama bulanan dibanding dengan memplotkan anggaran untuk tabungan ataupun investasi, karena pada umumnya keluarga baru, belum mengerti dengan pasti kebutuhan apa saja yang harus mereka lengkapi sebagai kebutuhan pokok ataupun kebutuhan lainnya. Pembelian berbagai perabot rumah tangga, juga menjadi hal yang akan sering ditemukan dalam kehidupan baru dalam berumah tangga.

Berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan terkait dengan penyusunan prioritas rencana keuangan dalam rumah tangga yang baru Anda bina, antara lain adalah:

  • Jumlah pendapatan tetap yang Anda dan pasangan miliki, pastikan Anda menggunakan pendapatan suami sebagai pemenuh kebutuhan pokok dalam rumah tangga Anda, dan jika istri memiliki pendapatan lainnya, maka pastikan bahwa pendapatan tersebut Anda gunakan sebagai dana cadangan untuk kebutuhan mendadak seperti kesehatan ataupun kebutuhan investasi Anda.
  • Prioritaskan untuk membuat rencana keuangan dengan plot utama berbagi kebutuhan pokok dalam rumah tangga seperti pangan dan papan., yang diikuti dengan plot cicilan ataupun tagihan tetap bulanan Anda.
  • Jika semua plot telah dapat dipenuhi dengan dana tersebut, dan bahkan masih terdapat sisa, maka gunakan sisa tersebut untuk membuat budget rekreasi ataupun hiburan bagi Anda dan pasangan.
  • Plot tabungan dan investasi pun dapat Anda buat dengan menggunakan sisa budget ataupun anggaran yang Anda miliki tersebut.

Untuk mengatur ataupun membuat rencana keuangan ini, memang akan lebih disarankan untuk mengmark up anggaran, mengingat Anda baru pertama kali melakukan rencana penganggaran ini. Berdiskusilah dengan pasangan mengenai kebutuhan-kebutuhan apa saja yang memang menjadi prioritas utama yang harus didahulukan. Dan pastikan Anda membuat kesepakatan bersama dengan pasangan, agar rencana tersebut berjalan dengan komitmen yang tinggi dari Anda dan pasangan.

Rencana keuangan dalam rumah tangga baru yang Anda bina, akan membuat sistem keuangan dalam kehidupan rumah tangga Anda menjadi lebih rapi dan tertata, sehingga nantinya Anda tidak akan menemui kendala yang begitu berarti dalam hal keuangan ataupun ekonomi. Pastikan Anda menjalankan rencana keuangan tersebut dengan komitmen yang tinggi bersama dengan pasangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *