4 Prinsip Klasik Tata Kelola Keuangan yang Tepat untuk Diterapkan di Masa Sekarang

Orang bilang sesuatu yang sudah jadul atau jaman dulu maka akan ditinggalkan orang dan tidak pernah diotak-atik lagi. Namun ada beberapa hal yang ternyata meski terlahir sejak zaman bahula masih tetap menarik untuk dilakukan sampai sekarang. Salah satunya adalah perencanaan keuangan yang kalau boleh jujur sistem kelola keuangan orang tempo dulu jauh lebih sukses ketimbang orang di zaman sekarang. Sepertinya memang lumrah karena orang zaman dulu belum mengenal internet, mall belum banyak, dan lain sebagainya.

Namun kalau dicermati, prinsip pengelolaan keuangan zaman dulu ini ketika diterapkan di masa sekarang akan membantu menciptakan masa depan gemilang. Adapun prinsip klasik soal keuangan ini antara lain:

  • Berusaha menabung sejak dini,

Menabung adalah salah satu prinsip tata kelola keuangan yang idealnya diterapkan sejak dini, semakin dini dimulai semakin banyak dana yang terkumpul. Anda tentu tidak akan merasa menyia-nyiakan masa muda karena dengan adanya tabungan bisa membuat hati tenang meski jumlahnya tidak terlalu besar. Nantinya di hari tua dana tabungan bisa dipakai untuk berbagai keperluan sehingga siap menikmati pensiun yang berkualitas.

  • Membeli emas sebanyak mungkin,

Investasi klasik yang tetap eksis dan populer sampai sekarang adalah investasi emas, bisa perhiasan atau emas batangan. Lebih mudah dengan emas perhiasan karena bisa sekalian digunakan untuk mempercantik penampilan. Menyimpan emas merupakan sistem menabung dalam bentuk fisik dan terbilang menguntungkan. Tidak akan mudah terpakai untuk hal-hal sepele sehingga Anda punya simpanan yang bisa diuangkan kapan saja. Kalau punya gaji usahakan dikurangi beberapa persen untuk menabung emas tersebut.

  • Lebih baik membeli dibanding menyewa,

Orang zaman dulu enggan menyewa berbeda dengan zaman sekarang yang berpikir lebih baik sewa dulu karena dana belum mencukupi. Padahal dengan mengambil sistem sewa Anda lah yang rugi sebab sudah keluar uang namun apa yang dipakai atau rumah yang ditempati akan dikembalikan kepada pemiliknya. Dibanding harus mengeluarkan uang untuk diberikan pada orang yang sudah kaya, mengapa tidak memilih membeli saja? Meskipun hanya kredit, setidaknya uang yang Anda bayarkan nantinya ditukar dengan hak milik.

  • Ada dana lebih investasikan membeli tanah,

Prinsip keuangan klasik lain yang juga cocok diterapkan di zaman modern seperti sekarang adalah membeli tanah, atau istilahnya investasi tanah. Orang zaman dulu sejak muda sudah memiliki impian menjadi juragan tanah alasannya adalah karena jumlah penduduk bertambah namun tidak dengan luas bumi yang dipijak. Otomatis perlu membeli tanah untuk tabungan masa depan, inilah alasan mengapa orang zaman dulu punya tanah super lebar sementara orang zaman sekarang sepetak kecil saja sudah dianggap cukup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *