Mengulas Tentang Pola Tepat untuk Mengatur Keuangan dalam Rumah Tangga

Keuangan merupakan bagian paling sensitif dalam sebuah rumah tangga, dimana bagian ini pula yang sering dijadikan alasan pertengkaran oleh banyak pasangan. Oleh karenanya mengatur pola keuangan dalam rumah tangga secara lebih detail, akan sangat disarankan bagi Anda yang memang telah memiliki rumah tangga sendiri. Untuk mengatur pola keuangan dalam rumah tangga, agar dapat berjalan dengan baik dan lancar, maka rencana pengelolaan pun harus Anda buat terlebih dahulu. Rencana pola pengelolaan dalam keuangan rumah tangga, biasanya akan lebih dipercayakan untuk dibuat oleh seorang istri yang pada dasarnya memang benar-benar mengetahui kebutuhan dalam rumah mereka selama satu periode keuangan.

Meskipun banyak dikerjakan oleh seorang istri, namun tak ada salahnya jika perencanaan keuangan dalam rumah tangga dibuat secara bersama, agar nantinya masing-masing pihak, baik suami ataupun istri dapat mengetahui besaran pengeluaran dan pendapatan dalam rumah tangga mereka. Sehingga apabila nantinya terdapat kekurangan serta kelebihan dalam perencanaan sistem keuangan dalam rumah tangga, secara bersama pun kekurangan dapat dicarikan jalan keluar, serta kelebihan dapat digunakan sebagai dana cadangan ataupun dana lainnya sesuai dengan kesepakatan bersama.

Dalam menyusun rencana keuangan dalam sebuah rumah tangga, pendapatan menjadi faktor utama dalam penentuan budget kebutuhan, karena pendapatan inilah yang nantinya akan digunakan secara penuh untuk menutupi berbagai biaya kehidupan dalam rumah tangga, selama satu kali periode perencanaan keuangan. Selain pendapatan, biaya merupakan faktor lainnya, yang memang harus disusun secara lengkap pada perencanaan sistem keuangan dalam rumah tangga Anda. Biaya ini sendiri dapat Anda klasifikasikan dalam beberapa kategori, dimana kategori biaya pokok haruslah Anda prioritaskan penempatannya dalam sistem rencana keuangan dalam rumah tangga.

Berikut ini beberapa plot pembiayaan pokok dalam rumah tangga, yang harus ditempatkan pada urutan teratas dalam sistem perencanaan keuangan dalam rumah tangga Anda, yang antara lain adalah:

  • Biaya kebutuhan pangan dan dapur dalam rumah tangga, dimana kebutuhan ini merupakan kebutuhan utama dalam jalannya sebuah rumah tangga.
  • Biaya pendidikan anak, plot yang satu ini merupakan plot pembiayaan yang penting dan memang harus dibayarkan secara rutin dan berkala setiap bulannya.
  • Biaya cicilan tetap yang Anda miliki, seperti cicilan untuk kredit rumah ataupun kredit kendaraan bermotor.
  • Biaya kesehatan, plot ini penting untuk Anda tetapkan pada perencanaan awal sistem keuangan dalam rumah tangga Anda, karena biaya tersebut biasanya dibutuhkan dalam waktu yang tidak terduga.

Jika plot pembiayaan pokok, telah dapat tertutupi dengan baik, maka pembiayaan dalam kategori sekunder seperti pembiayaan untuk kebutuhan pakaian ataupun mainan anak serta tamasya, barulah Anda susun setelahnya sesuai dengan sisa dana pendapatan yang ada. Jika semua biaya baik dalam kategori pokok dan sekunder telah terpenuhi, maka selipkanlah dana untuk dapat Anda jadikan tabungan ataupun nilai investasi lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *