Kenapa Belanja Bulanan Langsung Lebih Hemat dari Pembelian Eceran? Simak Ulasannya Berikut!

Tanggal gajian memang dinantikan banyak pegawai, pasalnya uang di kantor sudah sangat tipis dan menanti di isi ulang. Apa yang Anda lakukan setelah menerima gaji di bulan ini? Langsung berbelanja, berpesta dengan teman atau menyimpannya. Sebaiknya berhati hati dalam menata keuangan, karena gaji bulan ini harus bertahan hingga 30 hari atau lebih mendatang, bahkan jika bisa terdapat sisa yang digunakan cadangan bulan selanjutnya.

Berbelanja barang kebutuhan memang harus dilakukan, apalagi jika sudah mandiri dan tinggal di kota berbeda dengan orang tua. Banyak kebutuhan utama, seperti membayar sewa kamar atau rumah, membayar cicilan rumah, kendaraan dan tagihan bulanan. Ini yang harus diutamakan, selain itu harus melihat stok makanan dan kebutuhan lain sehari-hari. Lebih suka belanja bulanan atau membeli barang saat sudah habis? Ternyata jika dihitung kembali, belanja sekaligus di awal bulan lebih hemat, kenapa bisa demikian? Berikut alasannya:

  • Hanya mengeluarkan uang satu kali. Belanja adalah kegiatan yang paling disukai wanita, membeli barang apapun. Untuk itu, harus bisa mengendalikan hal tersebut dengan belanja bulanan sekali dalam sebulan. Buat list barang apa saja yang harus dibeli dan bisa tahan hingga 30 hari ke depan, misalkan barang-barang di kamar mandi, jika masih sisa bisa beli sebagai persediaan selanjutnya. Belanja banyak di awal bulan akan lebih hemat, karena tidak akan berbelanja kembali nantinya.
  • Tidak akan mengganggu rutinitas harian. Tidak pernah membayangkan terjadi hal buruk bukan, namun siapa pun tidak bisa mengelak dari sebuah bencana. Misalkan jatuh dari kendaraan, ini tentu membutuhkan dana khusus. Jika uang bulanan sudah habis digunakan, namun belum masuk tanggal gajian, belanja bulanan sebelumnya akan sangat membantu. Karena semua kebutuhan sudah terpenuhi, sehingga tidak mengganggu kegiatan rutinitas harian.
  • Harga lebih murah. Membeli barang di swalayan atau pasar tradisional dalam jumlah banyak tentu akan mendapatkan harga berbeda, dari pada membeli secara eceran. Manfaatkan selisih harga tersebut untuk mendapatkan barang lainnya, apalagi di akhir hingga awal bulan, banyak swalayan besar memberikan promo khusus untuk berbagai barang kebutuhan harian.
  • Mengurangi keinginan belanja terus menerus. Mendapati ada satu barang yang habis, pasti harus membelinya bukan. Jika datang ke swalayan pasti tidak akan pulang dengan satu barang saja, inilah pemborosan yang bisa diatasi dengan konsep belanja bulanan sekaligus.
  • Membeli sesuai kebutuhan. Membuat list barang, tentu mengutamakan kebutuhan dari pada keinginan. Inilah konsep utama yang harus dipertahankan, dimana membeli barang atas dasar memang dibutuhkan bulan lagi keinginan memilikinya saja. Sehingga sudah jelas digunakan dan tidak menyesal setelah membelinya, kebanyakan wanita akan membeli semua barang yang dilihat saat belanja namun tidak tahu akan digunakan atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *