Ini Dia Cara Mudah Mendapatkan Modal Usaha untuk Bisnis Anda

Saat bertekad untuk mendirikan usaha sendiri, hal pertama yang harus dipikirkan adalah modal usahanya. Modal usaha adalah faktor terpenting ketika ingin membuka usaha sendiri. Dengan modal, maka usaha dapat dengan mudah untuk dibuka dan dijalankan. Tetapi sering kali para calon pembuka usaha kebingungan untuk mencari modal karena seberapa kecil pun usaha yang diinginkan pasti memerlukan modal yang terbilang sedikit. Anda tidak perlu khawatir lagi tentang modal karena sekarang sudah banyak alternatif yang disediakan. Berikut adalah cara mudah untuk mendapatkan modal usaha Anda.

  • Meminjam Bank Tanpa Jaminan

Sekarang ini hampir setiap bank di Indonesia menawarkan pinjaman tanpa agunan atau KTA yang memungkinkan calon pembuka usaha untuk meminjam uang tanpa menaruh jaminan apa pun kepada bank. Hal ini tentu sangat memudahkan calon pembuka usaha karena dengan memenuhi syarat bank, Anda sudah dapat membawa uang pinjaman sebagai modal. Berapa pun yang Anda butuhkan, bank dapat menyediakannya. Anda pun dapat mencicilnya beberapa tahun, sesuai dengan kebijakan bank tersebut.

  • Menjual atau Menggadaikan Aset

Jika Anda memiliki beberapa property, kendaraan, emas, dan lain-lain yang terbilang sebagai aset Anda, hal ini pun dapat dijadikan sebagai modal usaha Anda. Yang perlu dilakukan hanyalah menjual aset tersebut dan mendapatkan uangnya. Jika Anda terlalu sayang dengan aset tersebut, Anda bisa tidak menjualnya tetapi menggadaikannya di institusi gadai. Hal ini tentunya menguntungkan karena Anda akan mendapatkan modal usaha dan aset Anda pun tidak akan hilang. Jika usaha berhasil, Anda dapat membelinya kembali atau menebus aset tersebut. Jika Anda tidak menebusnya, maka aset itu akan disita oleh institusi gadai tersebut.

  • Joint Venture

Joint Venture adalah hubungan kerjasama antara dua atau lebih perusahaan dari dalam mau pun luar negeri yang bersatu demi memiliki kekuatan ekonomi dan tidak melihat jumlah modalnya. Memang untuk para pembuka usaha baru memang peluang untuk melakukan Joint Venture dengan perusahaan besar itu adalah kecil. Tapi, Anda bisa mengajak keluarga atau teman Anda untuk membangun usaha bersama. Hal ini tentu memberikan keuntungan untuk Anda, yaitu karena modal yang ditanggung bersama dan pekerjaan pun akan dibagi dengan rata, serta jika menderita kerugian juga semuanya akan dibagi rata. Namun, untuk melakukan Joint Venture ini haruslah membuat perjanjian hitam di atas putih tentang pembagian keuntungan yang didapat untuk masing-masing pihak.

Itulah beberapa cara untuk mendapatkan modal usaha dengan mudah. Anda sudah tidak perlu lagi pusing memikirkan darimana modal usaha bisa Anda dapatkan. Dengan meminjam bank, menjual aset dan mengajak keluarga atau teman membangun usaha bersama, tentu modal usaha akan mudah didapatkan dan perusahaan pun akan berdiri. Selain cara-cara tersebut mudah untuk mendapatkan modal, cara tersebut juga memberikan keuntungan untuk Anda di kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *