Cara yang Bisa Anda Coba untuk Memiliki Tabungan di Masa Senja

Memiliki status keuangan yang kondusif di masa tua merupakan impian siapa saja. Namun tak banyak orang yang memilikinya di hari tersebut karena pola hidup di masa muda yang tidak teratur atau tidak memiliki pegangan. Banyak orang tua yang terpaksa harus bekerja meski dahulu ketika mudah dikenal sebagai orang yang memiliki banyak penghasilan. Hal ini membuktikan bahwa gaji atau penghasilan bulanan sebesar apapun tidak akan bisa menjamin kehidupan seseorang di masa tua jika ia tidak memiliki investasi yang benar saat masih muda.

Ada banyak investasi yang bisa dilakukan oleh masyarakat agar kehidupan di masa senja mereka bisa terjamin dengan tidak perlu bekerja. Jenis investasi yang umumnya secara logis dilakukan adalah dengan menyekolahkan anak keturunan sehingga diharapkan kelak menjadi anak yang sukses dan berhasil untuk kembali merawat orang tua dengan baik. Namun selain itu, banyak juga masyarakat yang telah paham pentingnya memiliki tabungan atau penghasilan di masa tua meski tidak bekerja agar tidak selalu bergantung pada anak. Berikut ini adalah contoh-contoh yang bisa ditiru agar memiliki tabungan di masa senja.

  • Membuat rumah sewa.

Memiliki property seperti rumah terutama di kawasan yang strategis bisa dimanfaatkan sebagai rumah sewa. Dengan tetap menyewakan rumah tersebut hingga masa senja, Anda akan mendapatkan uang sewa yang lumayan sehingga bisa dimanfaatkan sebagai tabungan. Anda bisa menyewakannya per bulan atau per tahun yang disesuaikan dengan keleluasaan dan bentuk property yang dimiliki. Selain sebagai tabungan, harga investasi property juga terus mengalami kenaikan sehingga merupakan jenis investasi yang paling menguntungkan.

  • Memiliki deposito.

Ingin investasi yang minim resiko dan perawatan? Anda bisa mendapatkannya dengan memiliki deposito di bank. Depositokan uang tabungan Anda agar mendapat bunga yang lumayan untuk berbagai keperluan di masa senja. Uang deposito tidak akan berkurang bahkan akan mendapatkan pengembalian yang bisa Anda ambil setiap bulannya.

  • Memiliki reksadana saham.

Memiliki saham juga bisa Anda jadikan solusi investasi. Jika Anda tak mengerti seluk beluk dunia saham, Anda bisa membeli reksadana saham dari perusahaan manager reksadana yang berpengalaman untuk memberikan keuntungan dari kepemilikan saham Anda.

Dengan memiliki salah satu atau beberapa cara di atas, Anda akan memiliki uang penghasilan yang bisa dicairkan terus menerus asalkan barang pokok atau tabungan Anda masih ada. Dengan begitu meski Anda tidak bekerja, ada uang yang bisa Anda gunakan untuk membantu anak, memenuhi kebutuhan sendiri, hingga digunakan untuk berwisata bersama pasangan menikmati masa-masa tenang di hari tua. Dengan perencanaan yang matang di masa muda, bukan tak mungkin di mana senja Anda akan merasakan apa yang diperjuangkan sehingga tak perlu lagi sibuk bekerja untuk lebih bisa berkumpul dengan keluarga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *