Tujuan dan Fungsi Management Keuangan yang Harus Anda Ketahui

Management keuangan menurut Suad Husnan merupakan suatu kegiatan management terhadap seluruh dari fungsi keuangan. Management keuangan juga bisa diartikan sebagai kegiatan yang berkaitan dengan aktivitas perusahaan dalam mendapatkan dana dan menggunakan dana secara efektif serta efisien yang bertujuan untuk mendapatkan aset serta tujuan yang lainnya. Managemen keuangan memiliki tujuan dan fungsi utama yang harus Anda ketahui.

Tujuan dari manajemen keuangan adalah untuk memaksimalkan kesejahteraan dari perusahaan tersebut serta untuk memaksimalkan nilai perusahaan. Dengan management yang baik maka kondisi keuangan perusahaan bisa lebih baik dan pengaturan keuangan ini sangat berpengaruh terutama untuk perusahaan terbuka. Hal ini disebabkan dari kondisi keuangan yang ada di perusahaan tersebut akan berpengaruh pada nilai perusahaan yang ada di pasar saham.

Pada dasarnya management keuangan memiliki fungsi utama yaitu sebagai landasan pengambil keputusan di bidang keuangan yang berkaitan serta berpengaruh terhadap nilai dari perusahaan atau value of the firm. Secara rinci, fungsi dari management keuangan adalah sebagai:

  • Perencana keuangan untuk membuat rencana baik pemasukan dan pengeluaran dan perencanaan yang lain untuk periode tertentu.
  • Pencarian keuangan untuk mencari dan mengeksploitasi keseluruhan sumber dana untuk biaya operasional perusahaan.
  • Penganggaran keuangan berfungsi membuat detail dari pemasukan dan pengeluaran di perusahaan.
  • Penyimpanan keuangan berfungsi mengumpulkan dana dan menyimpan serta menjaga dana tersebut.
  • Pengendalian keuangan bertugas melaksanakan evaluasi serta perbaikan keuangan dan sistem keuangan perusahaan
  • Pemeriksaan keuangan bertugas untuk melakukan audit internal keuangan perusahaan agar bisa memperkecil penyimpangan yang terjadi di perusahaan.
  • Pelaporan keuangan bersedia menyediakan informasi tentang kondisi keuangan dan bahan evaluasi dari perusahaan.

Dari management keuangan tersebut terdapat keputusan yang diantaranya adalah investment decision atau keputusan investasi. Umumnya, berkaitan dengan aset jenis apa yang akan diinvestasikan, investasi tersebut layak atau tidak, berapa biayanya. Jenis keputusan investasi ini sangat berpengaruh dan strategis terhadap besar kecilnya skala rentabilitas investasi serta aliran dana dari perusahaan yang akan datang.

Keputusan lainnya yang diambil dari adanya management keuangan, diantaranya yaitu:

Kedua adalah keputusan pembelanjaan atau financing decision. Keputusan jenis ini berkaitan dengan adanya penetapan sumber dana yang diperlukan dan pertimbangan dari pembelanjaan yang terstruktur dengan struktur modal yang optimal misalnya untuk penggunaan dana yang berasal tidak hanya dari eksternal ataupun internal untuk keperluan jangka pendek ataupun untuk jangka panjang.

Kebijakan dividen atau dividend policy yang berkaitan dengan keputusan berapa persen laba yang diperoleh oleh perusahaan dan nantinya akan dibagikan ke pemegang saham yang berbentuk dividen serta berapa % nantinya yang akan ditahan ke dalam bentuk laba yang bertujuan untuk pembiayaan investasi di waktu yang akan datang. Keputusan mengenai kebijakan dividen yang maksimal akan terlihat dari adanya peningkatan harga saham.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *