Krisis Keuangan Sedang Datang Melanda Keluarga? Berikut Tips Mengatasinya!

Sedang berada di krisis keuangan? Siapa yang belum pernah mengalaminya? Sepertinya semua orang yang berada di bumi pernah merasakan hal ini termasuk orang yang kaya sekalipun. Krisis keuangan biasanya dialami menjelang akhir bulan. Sehingga tidak heran banyak orang yang melarat di akhir bulan. Biasanya, mereka makan salad di mall, saat akhir bulan lebih memilih membawa bekal mie goreng ke kantor. Agar tidak menjadi masalah, Anda harus memahami tips khusus untuk mengatasi masalah keuangan seperti ini. berikut berbagai macam tips yang bisa Anda lakukan.

Pertama, buat daftar kebutuhan prioritas dimulai dari pangan. Langkah utama yang harus dilakukan adalah membuat daftar prioritas mana yang harus dipenuhi. Daftar ini berisikan apa saja yang diperlukan selama satu bulan. Dengan daftar prioritas ini, kondisi keuangan bisa lebih terkendali. Usahakan dalam sebulan Anda hanya membeli barang yang sudah di catat di dalam daftar. Jangan sampai terdapat barang yang melenceng, jangan lupa untuk menahan nafsu membeli barang yang tidak Anda perlukan, ingat, Anda telah memiliki daftar prioritas. Sehingga patuhi dengan baik.

Kedua, sisihkan untuk akhir bulan. Mungkin hal ini belum pernah Anda lakukan sebelumnya, namun untuk membuat keuangan menjadi tetap aman di akhir bulan, Anda bisa menyisihkan uang gaji dan menyimpannya terlebih dahulu. Anggap uang tersebut tidak ada. Saat akhir bulan datang, dan Anda tidak memiliki uang untuk mencukupi kebutuhan Anda, Anda bisa mengambil uang tersebut terlebih dulu untuk memenuhi kebutuhan. Meskipun terlihat simpel, sayangnya banyak dari mereka yang tidak peduli dan menggunakan uang akhir bulan ketika ingin jajan.

Ketiga, menabung ketika gajian. Saat akan menabung, kapan Anda menetapkan tanggalnya? Sebisa mungkin, tabunglah ketika menerima uang gajian. Hindari menabung saat uang gajian sudah sisa. Percayalah, uang gajian Anda 1 bulan tidak akan tersisa jika Anda tidak memaksakan diri untuk menyisihkannya terlebih dahulu. Karena, saat gaji kita mengalami kenaikan, kebutuhan kita sehari-hari juga akan ikut mengalami kenaikan. Inilah yang membuat uang gajian menjadi selalu habis, bahkan sebelum tanggal gajian depan tiba.

Terakhir, pahami mana kebutuhan dan keinginan. Ketika masa gajian datang, kadang kala kita tidak menyadari, mana barang yang menjadi kebutuhan penting kita dan mana barang yang hanya menjadi keinginan kita. Seringkali kita membuat barang yang sebenarnya menjadi keinginan kita malah menjadi kebutuhan kita, sehingga dana untuk menabung tidak pernah ada, karena kita selalu berkilah jika gaji yang diterima setiap bulan, digunakan untuk memenuhi kebutuhan kita. Sebelum Anda membeli barang, usahakan untuk selalu memikirkannya terlebih dahulu, apakah barang tersebut merupakan kebutuhan kita ataukah hanya sekedar keinginan kita. Pahami dua hal ini dengan baik agar kita bisa mengontrol nafsu belanja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *