Mewaspadai Penipuan Setelah Aplikasi Kartu Kredit Online

Dengan maraknya aplikasi kartu kredit online yang bisa kita lakukan sekarang ini, memiliki kartu kredit bukan lagi menjadi sesuatu yang langka. Setiap orang bisa mengajukan permohonan untuk mendapatkan kartu sakti tersebut dan berbelanja menggunakannya. Sudah umum kita melihat orang-orang hanya membawa uang tunai beberapa lembar, tidak lebih dari yang diperlukan, sementara kartu-kartu di dompetnya berderet-deret. Hal ini sendiri didukung dengan berbagai pusat perbelanjaan yang menyediakan fasilitas ini. Tinggal gesek, transaksi pun selesai.

Namun dengan maraknya kepemilikan kartu karena mudahnya aplikasi kartu kredit online maupun langsung, kita semakin sering mendengar tentang orang ini dan itu yang tertipu. Mereka kehilangan hingga lebih dari puluhan juta rupiah karena penipuan. Sungguh hal yang mengerikan karena ini bisa terjadi pada siapa saja, bahkan termasuk kita. Kemudahan dalam melakukan transaksi biasanya membuat kita menjadi terlena dan tidak melakukan pengamanan lebih untuk mencegah penipuan ini.

Setelah melakukan aplikasi kartu kredit online dan memiliki kartu kredit, orang biasanya menggunakan kartu kredit barunya untuk berbelanja secara online. Cara-cara untuk menghindari penipuan adalah:

  • Simpanlah semua bon dari transaksi yang telah dilakukan sebagai bukti agar transaksi tidak dikenal bisa langsung dilaporkan.
  • Memusnahkan lembar tagihan yang sudah dicetak, karena nomor kartu kredit Anda bisa digunakan oleh penipu.
  • Pastikan situs online yang Anda kunjungi terpercaya.
  • Jangan buru-buru, pastikan transaksi sudah berjalan sesuai aturan yang ada dan telah di verifikasi.
  • Simpan kartu kredit Anda di tempat aman
  • Jangan mudah percaya undian berhadiah karena lebih sering merupakan penipuan.

Karena itulah kita perlu berhati-hati saat melakukan aplikasi kartu kredit online. Saat ini penipuan yang marak adalah penipuan yang berkedok CNP atau Card Not Present. CNP merupakan suatu sistem di mana saat melakukan transaksi, kartu nasabah atau tanda tangan tidak diperlukan. Ini merupakan suatu penawaran dari bank sehingga nasabah mudah melakukan transaksi online. Namun bisa kita lihat sendiri, tanpa kartu dan tanda tangan? Penipuan bisa merajalela. Pastikan bahwa tempat kita mendaftar adalah tempat yang terpercaya dan bertanggung jawab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *