Menilik Persamaan Dasar Akuntansi dan Berbagai Unsur-unsurnya

Dalam manajemen keuangan atau ilmu akuntansi pasti akan dikenal dengan istilah aktiva, pasiva, modal dan juga hutang sebuah perusahaan. Dan ilmu yang mempelajari hubungan antara beberapa komponen tersebut disebut dengan persamaan dasar akuntansi. Untuk ilmu persamaan tersebut sering digunakan dalam sebuah perusahaan sebagai dasar pencatatan pada sistem akuntansi. Jadi sederhananya pengertian dari persamaan sebuah akuntansi dasar adalah keseimbangan antara aktiva dan juga pasiva, perubahan timbul akibat adanya transaksi keuangan dalam keseimbangan yang akan selalu dipertahankan.

Kemudian dibuatlah neraca sebagai pengukur posisi atau kondisi keuangan dalam sebuah perusahaan. Sebelum mempelajari lebih lanjut Anda perlu mengetahui terlebih dahulu unsur-unsur dasar dalam persamaan akuntansi yaitu:

  • Asset atau aktiva.

Asset sendiri merupakan suatu sumber daya yang telah dimiliki atau dikuasai oleh sebuah perusahaan sebagai akibat adanya sebuah peristiwa dimasa lalu dan juga pada masa depan dari sumber yang diharapkan akan diperoleh perusahaan.

  • Hutang (liabilitas).

Hutang atau sering disebut juga dengan liabilitas merupakan suatu kewajiban yang menjadi tanggung jawab perusahaan akibat perbuatan yang dilakukan pada masa lalu. Secara otomatis hal tersebut akan membutuhkan sumber daya perusahaan untuk proses penyelesaiannya.

  • Modal (ekuitas).

Kemudian ekuitas atau modal merupakan suatu harta yang didapatkan dari perusahaan setelah dikurangi dengan kewajiban.

  • Pendapatan.

Adanya pemasukan atau peningkatan lain dari aktiva dan merupakan proses terjadinya penurunan kewajiban perusahaan akibat dari kegiatan pembuatan jasa ataupun aktivitas lainnya yang merupakan kegiatan dalam perusahaan tersebut secara berkelanjutan.

  • Beban.

Kemudian adanya beban atau sering disebut dengan expense merupakan kebalikan dari pendapatan. Jadi beban adalah suatu peningkatan tanggung jawab perusahaan atas perilaku atau kegiatan yang dilakukan dalam aktivitas keseharian perusahaan atau kegiatan utama perusahaan.

  • Prive.

Unsur yang terakhir adalah adanya prive, ini merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh pemilik perusahaan dengan digunakan sebagai tujuan kepentingan pribadi.

Jadi intinya keadaan keluar masuknya keuangan perusahaan harus dilakukan pencatatan, hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir adanya ketidakseimbangan. Tetapi selain itu juga dengan adanya dasar persamaan akuntansi semua keuangan perusahaan dapat menjadi seimbang. Berikut ini beberapa bentuk persamaan akuntansi dasar, antara lain:

  • Keseimbangan antara harta dan modal.

Dapat dikatakan harta merupakan sumber kekayaan yang dimiliki oleh sebuah perusahaan sekaligus sumber modal pembelanjaan untuk melakukan kegiatan usaha dalam bisnis tersebut. Jadi secara otomatis harta harus sama dengan sumber pembelanjaan.

  • harta sama dengan uang yang ditambahkan dengan modal.

Harta yang dimiliki oleh sebuah perusahaan mempunyai 2 sumber, pertama yaitu dari pemilik dan kedua dari kreditur. Secara tidak langsung modal dari kreditur mempunyai tanggung jawab untuk mengembalikan. Jadi persamaan dasar akuntansi dapat ditulis bahwa harta merupakan hasil pertambahan antara hutang dan modal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *