Ekonomi indonesia

Ulasan Seputar Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Dahulu dan Sekarang

Indonesia merupakan salah satu negara berkembang dan mempunyai penduduk terbanyak yang berada pada benua Asia. Dapat dikatakan bahwa Indonesia mempunyai jumlah warga terbanyak keempat setelah negara Amerika, India dan juga China. Makanya tidak heran jika pertumbuhan ekonomi Indonesia dituntut untuk dapat memenuhi kebutuhan dengan kerasnya persaingan seperti sekarang ini. Untuk mengejar ketertinggalan Indonesia dari negara lainnya tergolong susah, walaupun jika dilihat banyak sekali sumber daya alam yang terdapat di negara ini. Tetapi banyak sumber daya manusia yang belum bisa memanfaatkan dengan baik, alhasil dijadikan sebagai sumber kekayaan negara luar.

Ekonomi indonesiaJika dilihat dari jumlah penduduk yang semakin tahun semakin meningkat ternyata tidak mampu menjadikan Indonesia lebih baik dalam sektor ekonomi. Bahkan sekarang ini banyak masyarakat yang mengalami kondisi sebagai pengangguran. Mungkin lapangan kerja yang kurang merupakan salah satu faktor rendahnya perekonomian yang ada sekarang ini. Selain itu ternyata ada beberapa yang menghambat pertumbuhan ekonomi antara lain:

  1. Di Indonesia dinilai lebih lambat dalam penyerapan ilmu ekonomi dan juga teknologi, seperti yang diketahui bahwa sudah banyak negara maju yang semakin jauh meninggalkan negara berkembang seperti Indonesia ini. Makanya tidak heran jika membuat perekonomian lebih maju itu merupakan salah satu tantangan terberat yang harus dijalani oleh pemerintahan.
  2. Kemudian lemahnya pembangunan infrastruktur umum yang ada di negara ini.
  3. Lambatnya penyebaran sumber daya manusia yang siap untuk melakukan persaingan keluar negeri.
  4. Kurangnya kesadaran generasi muda untuk membuat sesuatu bisnis baru bukan hanya mengejar untuk menjadi seorang karyawan perusahaan.

Beberapa faktor tersebut ternyata memang sangat berpengaruh pada tenaga Indonesia yang dikatakan lebih dari 70 juta masyarakat yang ada di Indonesia ini pada usia produktif. Setiap pergantian pemerintahan itu merupakan salah satu masalah besar yang seharusnya bisa segera diselesaikan. Makanya tantangan berat seperti ini harus dihadapi oleh pemerintah dengan, bagaimana cara meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang ada di negara ini. Salah satu yang telah dilakukan yaitu pengurangan jumlah penduduk, pemerintah telah mencanangkan program dua anak cukup pada setiap keluarga.

Entah berhasil atau tidak tetapi sekarang ini dapat dikatakan jumlah pengangguran yang ada di Indonesia sedikit berkurang. Pengangguran sendiri merupakan salah satu momok yang tidak bisa dianggap sepele dalam sebuah negara. Karena hal itu menjadi salah satu yang mengakibatkan jumlah pendapatan perkapita semakin menurun dan akhirnya terjadi penurunan dalam pertumbuhan ekonomi.

Sadar atau tidak hal ini menjadi salah satu tanggung jawab generasi muda juga, karena pemerintah tidak akan mungkin untuk mengatasinya sendiri tanpa adanya kesadaran dari setiap warga. Makanya sebagai pemuda Indonesia yang menjadi tolak ukur akan adanya penurunan ataukah pertumbuhan ekonomi Indonesia harusnya lebih consent untuk menjadi salah satu sumber daya manusia yang mampu bersaing dengan SDM dari negara yang lebih maju.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *