Dampak positif globalisasi

Ulasan Seputar Pengertian dan Dampak Positif Globalisasi

Kata globalisasi pasti sering Anda dengar dan mungkin sudah bisa Anda rasakan manfaatnya maupun dampaknya bagi kehidupan Anda secara pribadi ataupun sebagai warga negara. Globalisasi berarti sebuah proses untuk menuju satu kesatuan yang merujuk pada satu warga dunia. Warga negara dari belahan dunia manapun kini bisa menikmati suatu informasi yang disajikan dari belahan dunia lainnya tanpa proses yang sulit atau lama. Bisa jadi Anda sudah merasakan dampak positif globalisasi tanpa Anda sadari. Apa saja dampak positif tersebut? Berikut ini beberapa contohnya.

Dampak positif globalisasiGlobalisasi dalam bidang informasi memberikan dampak yang luar biasa. Kini sebuah negara bisa melakukan studi banding atau melancong ke negara lain untuk mencuri ilmu di sana. Ilmu tersebut kemudian bisa dengan mudah diimplementasikan di negara kita yang saat ini masih menjadi negara berkembang. Anda sebagai pribadi juga pastinya pernah mencuri ilmu dari negara lain melalui tayangan televisi ataupun informasi lewat tutorial di internet.

Globalisasi juga terjadi untuk sumber daya manusia. Bukan hanya informasi atau barang saja yang bisa dicuri atau diperdagangkan namun juga sumber daya manusia. Warga negara asing sudah bisa bekerja di negara kita dengan lebih leluasa, begitu juga warga negara kita yang bisa diterima bekerja di negara asing. Hal tersebut mau tak mau mendorong Anda dan semua orang untuk mempertinggi kualitas diri sehingga bisa bersaing secara adil dan sehat.

Efek positif dari globalisasi lainnya adalah semakin mudahnya seorang warga negara asing untuk mengunjungi negara lainnya. visa dan paspor pembuatannya semakin dipermudah dan dipermudah sehingga semua orang kini bisa berwisata maupun menempuh pendidikan di luar negeri dengan lebih nyaman. Dampak positif lainnya yang bisa dilihat dengan mudah adalah pembangunan yang semakin merata baik antar kota maupun pulau di Indonesia.

Memasuki penghujung tahun 2017, semakin terasa jelas pengaruh globalisasi dalam kehidupan kita sebagai warga negara dan warga dunia. Kini apa saja yang ada di dunia bisa dinikmati tanpa mengenal batas dan kewarganegaraan. Dengan adanya globalisasi Anda bisa bertukar pikiran dengan warga asing untuk membangun sesuatu yang baik pada negeri ini. Meski begitu banyak dampak positif globalisasi, namun pasti ada juga dampak negatifnya yang juga perlu kita waspadai. Salah satunya adalah pasar perdagangan yang semakin bebas sehingga siapa saja bisa berdagang dengan produk dari negara manapun. Hal ini perlu diantisipasi agar produk asli dari negara kita tidak kalah saing dengan produksi luar negeri. Globalisasi juga tak boleh membuat tradisi serta warisan budaya justru menjadi produk yang diambil oleh warga negara asing karena kebudayaan merupakan warisan leluhur yang menunjukkan jati diri bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *