money changer

Pemahaman Dasar Mengenai Money Changer dan Fungsi Utamanya

Setiap negara mempunyai mata uang dan juga nilai mata uang masing-masing, bagi Anda yang sering pergi keluar negeri tentu tidak asing dengan kegiatan di jasa money changer atau tukar-menukar uang. Sekarang ini jasa penukaran uang asing itu dapat ditemukan dengan mudah diberbagai tempat mulai dari daerah wisata, bandara internasional, ataupun lainnya. Aktivitas penukaran uang disebut juga dengan istilah pedagang uang atau pedagang valuta asing. Kenapa begitu karena dari kegiatan tersebut dapat diambil keuntungan dari jasa yang ditawarkan.

money changerSelain untuk para wisatawan yang akan melakukan perjalanan pertukaran uang asing juga sering digunakan dalam perdagangan internasional. Karena dalam transaksi jual beli internasional pembeli harus mempunyai kepemilikan atas uang yang sama dengan penjual. Atau dengan kata lain pembeli harus berusaha menukarkan sejumlah uang kedalam mata uang yang digunakan oleh penjual. Selain itu berikut ini ada beberapa pihak yang sering menggunakan jasa penukaran uang, antara lain:

  • Perusahaan ekspor dan juga impor.
  • Perusahaan yang sering melakukan pembelian barang dari luar negeri.
  • Para investor asing yang ingin menanamkan modalnya dan juga pemerintah dalam melakukan berbagai transaksi ataupun pembayaran hutang.
  • Kemudian ada perorangan atau wisatawan asing yang sering melakukan perjalanan.
  • Turis yang sering mengunjungi sebuah negara.

Setiap negara mempunyai nilai tukar mata uang yang berbeda-beda, hal tersebut dapat dipengaruhi oleh mekanisme pasar perdagangan internasional. Jadi apabila suatu negara mempunyai mata uang yang sering digunakan sebagai patokan nilai tukar internasional tentu nilai tukarnya semakin kuat seperti contohnya dollar Amerika. Begitu pula sebaliknya jika semakin jarang nilai mata uang digunakan tentu nilai tukar secara internasionalnya juga semakin melemah seperti contohnya rupiah dari Indonesia. Sebagai warga negara banyak hal yang dapat dilakukan untuk memperkuat nilai rupiah dalam nilai tukar internasional, antara lain:

  • Membeli produk-produk lokal, karena menurunnya konsumsi barang impor dapat mempengaruhi pertumbuhan atau peningkatan nilai rupiah di dunia.
  • Dapat memperbanyak penggunaan transaksi dengan rupiah misalnya saja pada sektor pariwisata yang banyak digunakan oleh turis luar negeri.
  • Memperbanyak melakukan ekspor barang keluar negeri.
  • Dapat meningkatkan tingkat intervensi bank Indonesia.
  • Menaikkan suku bunga dari mata investor.

Nah, beberapa cara diatas dapat dilakukan oleh masyarakat Indonesia dalam membantu pemerintah untuk meningkatkan nilai tukar rupiah atau minimalnya membuat stabil nilai tukar. Karena bukan tidak mungkin Indonesia mampu menduduki nilai kurs tertinggi dalam nilai tukar internasional. Dahulu nilai mata rupiah dengan dollar bisa mencapai angka 7000 ribu rupiah. Tetapi semakin kesini ternyata rupiah semakin turun dimata dunia. Tetapi apapun itu yang penting pemerintah terus mengupayakan adanya peningkatan nilai uang. Dari selisih perbedaan kurs uang tersebut yang diambil money changer sebagai keuntungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *