tax amnesty

Ini Dia Dampak Besar dari Adanya Tax Amnesty yang Perlu Anda Ketahui

Beberapa waktu lalu gencar-gencarnya pemerintah mengumumkan adanya peraturan baru mengenai pengampunan pajak atau lebih dikenal dengan sebutan tax amnesty. Dan mulai diumumkannya aturan tersebut secara otomatis di Indonesia sudah memberlakukan. Jika dilihat sebenarnya pengampunan pajak ini sudah digalakkan oleh pemerintah pada tahun 80an dan juga pada tahun 2004. Tetapi pada prakteknya mengalami banyak kendala, padahal jika hal itu telah dilakukan sejak lama tentunya akan berpengaruh besar terhadap negara ini. Dan kedepannya tentu negara Indonesia akan lebih baik dalam pertumbuhan ekonomi, sosial ampun budaya.

Jika ditelisik lagi kenapa di Indonesia perlu diadakan dengan pengampunan pajak? Berikut ini beberapa penjelasan yang melatarbelakanginya, antara lain:

  • Karena ternyata masih banyak sekali harta yang dimiliki oleh warga negara Indonesia baik itu yang ada dalam negeri maupun luar negeri dan sampai saat ini belum dilaporkan dalam surat pemberitahuan pajak penghasilan tahunan.
  • Dengan diberlakukan pengampunan pajak tersebut diharapkan dapat meningkatkan penerimaan atau pemasukan negara dan juga dapat membuat pertumbuhan suatu perekonomian negara. Yang paling penting lagi menumbuhkan kesadaran semua warna negara atas suatu kewajiban pembayaran pajak.
  • Adanya kasus panama papers.

tax amnestyItulah beberapa hal yang menjadi dasar terbentuknya aturan pengampunan pajak yang telah berlaku pada beberapa waktu lalu. Untuk pengampunan pajak sendiri ternyata telah dibagi menjadi tiga periode, dan yang pertama pemerintah masih memberikan periode pelaporan sampai dengan waktu yang telah ditentukan. Dengan begitu tujuan dari adanya kebijakan tersebut juga akan berjalan, berikut ini ada beberapa sasaran dari adanya pengampunan pajak yaitu:

  1. Supaya dapat meningkatkan suatu pemasukan pajak dalam waktu dekat.
  2. Memberikan kesadaran sehingga dapat menambah jumlah para wajib pajak.
  3. Untuk mengintegrasikan sektor informal kedalam sebuah sistem perekonomian yang maju.
  4. Untuk menggunakan atau memfungsikan dana yang tidak digunakan.
  5. Merupakan langkah awal untuk dapat menerapkan sanksi tegas dan lebih besar.

Sebenarnya inti dari tujuan adanya pengampunan pajak adalah ditujukan bagi mereka sebagai pembayar pajak dalam jumlah yang besar. Tetapi memang selebihnya sistem pengampunan pajak ini juga dapat dilakukan oleh para pebisnis menengah, usaha kecil ataupun lainnya. Untuk awal kebijakan yang telah dibuat tersebut ternyata pemerintah telah memprediksikan bahwa hampir lebih dari 60 trilyun penerimaan pajak masuk dari warga negara.

Tetapi untuk kedepannya memang pemerintah terus memantau supaya adanya kebijakan baru ini dapat dijadikan sebagai perbaikan sistem administrasi perpajakan yang ada di negara ini. Dan sekaligus juga dapat mengurangi adanya kebocoran pajak akibat peningkatan suatu kegiatan ilegal yang selama ini memang masih banyak luput dari data perpajakan. Tetapi memang dalam menerapkan tax amnesty ini tidaklah mudah, banyak tantangan dan juga hambatan yang diterima oleh pemerintah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *